Sebab dan Solusi Saat Download Aplikasi di Play Store Tertunda

Kotanopan.com Sebab dan Solusi Saat Download Aplikasi di Play Store Tertunda adalah pembahasan admin malam ini, Terinspirasi dari kejadian dimana salah seorang teman membawa Handphone Ram 2 Giga yang katanya tidak bisa download aplikasi dan Saat Download Aplikasi di Play Store ada keterangan Tertunda.
Masalah tertunda dalam download aplikasi pada dasarnya di bebabkan oleh beberapa hal, namun akan coba admin kotanopan.com bahas satu persatu dengan solusinya.

 Pastikan memiliki jaringan Internet Stabil
Untuk mendownload aplikasi dari playstore jaringan internet yang stabil adalah hal yang penting, tidak perlu cepat yang penting stabil. Meskipun kecepatan Internet hanya 1.5Mbps asalkan stabil itu sudah cukup, tidak perlu sampai 7,5 ataupun hingga 21Mbps. Jaringan internet yang stabil memastikan download akan terus berjalan meskipun lambat, namun jika jaringan terkadang putus maka Playstore akan memberikan notifikasi “tertunda” pada proses download.

Cara cek apakah jaringan internet stabil, pertama coba buka youtube dan putar satu video sekitar 1 menit, apakah video terputus? ataukah kualitas video otomatis turun karena kecepatan internet yang lambat? jika video putus-putus maka bisa jadi Download tertunda pada playstore terjadi karena jaringan internet tidak stabil. Pastikan juga anda memiliki kuota internet untuk donwload aplikasi ya. Jika jaringan lambat, coba restart HP untuk memperbaharui jaringan sebelum melakukan download aplikasi.2. Adanya aplikasi yang melakukan Update otomatis saat terhubung ke Wifi.
Baca juga:Selain Nuklir Korea Utara Juga memiliki teknologi dan Produk Ini

penyebab Download Aplikasi di Play Store Tertunda kedua adalah Update otomatis. hal ini sering sekali terjadi terutama jika kita terhubung ke Wifi saat melakukan download. Pada dasarnya Playstore memiliki pengaturan “update otomatis aplikasi saat terhubung ke wifi” ini adalah pengaturan standar dari playstore. Maka ada baiknya update otomatis aplikasi pada Play store dimatikan saja. Jika ada aplikasi yang sudah terlanjur di proses update maka “batalkan” dengan cara sentuk tombol “X” / batalkan di aplikasi yang di update.

Cara mematikan update aplikasi otomatis pada playstore adalah, Buka aplikasi playstore lalu ketuk bagian kanan atas pada gambar profil akun playstore, pilih Setelan/ setting- pilih tab Umum-Akan mucul pilihan  “update otomatis aplikasi” ketuk pada tab tersebut, lalu pilih menu / pilihan “jangan update otomatis aplikasi”, Hal ini akan membuat aplikasi tidak melakukan update otomatis melalui Wifi.  lantas apa hubungan antara Dowload aplikasi tertunda pada Play store dengan update aplikasi otomatis pada Play store.?



Tentu saja hal itu berhubungan, karena pada umumnya playstore hanya bisa melakukan satu proses update ataupun download aplikasi saja. Jika kita mendownload aplikasi sambil melakukan update, maka hanya satu proses yang di eksekusi saat itu, dan proses lainya akan masuk kepada antrian / tertunda. Jika update otomatis berlaku ketika anda terhubung ke wifi, maka otomatis aplikasi akan melakukan update bahkan sebelum anda mencari sebuah aplikasi di Playstore. maka ketika anda download aplikasi di plastore otomatis harus menyelesaikan proses update otomatis, baru kemudian Aplikasi akan di download.

Penyebab gagal Download aplikasi di Playstore yang terakhir adalah kapasitas perangkat tidak mencukupi.
masih banyak orang yang kurang memahami antara kapasitas perangkat untuk aplikasi dan kapasitas penyimpanan Media (SD card/ memory external). Ketika saya katakan “mas / mbak ini memorynya sudah penuh, sehingga tidak bisa pasang atau download aplikasi lain” Maka dengan penuh rasa tidak percaya mereka menjawab “tapi memory saya 16 giga, dan fotonyapun cuma sedikit masih ada sisa 10 giga lagi”??.
Oke sebagai sedikit gambaran akan coba admin kotanopan.com jabarkan dibawah beda antara penyimpanan aplikasi dan media foto, video ataupun multimedia dan dokument.

Pada dasarnya smartphone atau telepon pintar memiliki beberapa jenis penyimpanan, pada umumnya terbagi menjadi 2. Pertama adalah ROM (Read Only memori) atau biasa disebut memori internal. ROM pada umumnya sudah diatur oleh pabrikan, contohnya misalnya  ROM 16 giga,  ROM 32 giga dan seterusnya.
baca Juga:Perlukah kita ganti kartu SIM Card untuk mengunakan layanan 5G telkomsel?

ROM sendiri digunakan untuk menyimpan data, ROM juga ikut andil dan yang mempengaruhi seberapa banyak foto, video, music, dan aplikasi yang bisa di simpan di smartphone, juga mempengaruhi kecepatan smartphone dalam penggunaan lama.





Memori kedua adalah Eksternal memori atau biasa kita sebut SD card/ memory card atau kartu memory tambahan yang bisa kita beli di konter-konter HP mulai dari 2 giga, 4 giga, 8 giga  hingga ratusan Giga. Masalahnya adalah tidak semua aplikasi bisa kita instal atau simpan di memory eksternal atau SDcard ini. Default atau standarnya setiap aplikasi di simpan di ROM/ internal HP. Maka ketika ROM penuh maka aplikasi tidak bisa di instal di perangkat.

Solusi ROM handphone penuh adalah dengan memindah data media dan apapun itu yang bisa di pindah dari memori internal / ROM, dipindah ke memory eksternal atau SDcard. Atau bisa juga hapus dahulu aplikasi yang tidak diperlukan, baru kemudian Instal aplikasi yang di kehendaki. Sebagai catatan, ROM juga menyimpan data Operasi system handphone anda, maka misalnya anda memiliki telepon dengan ROM /memory internal 32 giga, maka ketika perangkat itu sampai ke tangan anda umumnya bukanlah 32 giga Kosong, akan tetapi sudah dipakai sebagian untuk operasi system bawan.

Author: Mr. wics

2 thoughts on “Sebab dan Solusi Saat Download Aplikasi di Play Store Tertunda

  1. Yup, jaringan internet saat mendownload aplikasi memang penting banget ya mas Nopan, jika jaringannya lelet lama banget nunggunya, yang seharusnya di download cuma butuh waktu 1 menit, jadi 15 menit, jadi memang harus banyak bersabar, he-he

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty + 2 =