Tambang Liring Darah, Karya Seni Mistik Pelet Dari Kalimantan Bagian 1

Tambang Liring Darah, Karya Seni Mistik Dari Kalimantan

Tambang Liring Karya Seni Mistik Dari Kalimantan, sepertinya nama itu cocok untuk kita gunakan dalam pembahasan kali ini. Beberapa waktu yang lalu seorang teman bertanya kepada Admin kotanopan, mengenai benar tidaknya kisah tembang liring atau tambang liring yang konon adalah media Pelet ampuh dari daerah banjarmasin kalimantan.

Ingatan saya seketika teringat kepada seorang teman yang saya kenal ketika saya pernah berpetualang di pulau Sumatera beberapa tahun yang lalu. Dan memang beliau pernah bercerita tentang kisah dan asal-usul tembang liring atau tambang liring, konon asal-usulnya memang ada banyak versi, sehingga saya tidak akan membahasnya pada tulisan ini. Saya  hanya akan mengulas sendiri apa itu tambang liring, manfaat tambang liring dan jenis-jenis tambang liring.
Baca Juga: Aplikasi Untuk Melihat Pasword Wifi Orang lain, Efektifkah?

Apa itu tambang liring? Berdasarkan yang saya tahu, tembang liring adalah sejenis Azimat (sebangsanya/ pegangan), yang dibuat dari media-media tertentu, bisa bahanya kulit lembu, kijang, kertas ataupun kain. Pada umumnya tembang liring mengunakan tetesan darah / dawat Surga yaitu darah dari orang yang mati Syahid Syahid, seperti orang yang meningal ketika membela keluarga atau kehormatanya.

Meskipun demikian berdasarkan kisah yang admin tahu tambang liring memiliki beberapa jenis, yaitu aliran kiri dan aliran kanan. Bahkan aliran kiri memiliki beberapa pantangan dan konon perawatan Tambang liring aliran kiri lebih ekstra daripada tembang liring aliran kanan. Meskipun aliran kiri memiliki spirit (isi) yang konon lebih kuat dan dasyat.


Contoh untuk tembang liring aliran kiri konon tidak boleh dibawa melayat ke orang meningal, dan tidak boleh dibawa Sholat. Dan bahkan ada yang mengatakan bahwa Tembang liring aliran kiri selain harus di asapi / di rabun 2x dalam seminggu juga harus dilakukan selamatan minimal 1 tahun sekali dengan 41 jenis kue dan 1 jenis kue khas banjarmasin untuk pemilik dawat/ darah yang dipakai untuk tambang liring aliran kiri. Jika hal itu tidak dilakukan, akan memberikan efek buruk bagi pemiliknya.
Salah satu Contoh tambang liring, yang gambarnya saya dapat dari seorang teman di Banjarmasin.

Tambang Liring Darah, Karya Seni Mistik Dari Kalimantan
Tambang Liring Darah, Karya Seni Mistik Dari Kalimantan. Sumber:DokPri

Sedangkan tembang liring aliran kanan cenderung lebih mudah perawatanya, Perawatan tambang liring kanan pada umumnya cukup dengan dilakukan rabun/ pengasapan dengan dupa atau Hio saja. bahkan beberapa ada yang mengatakan perabunan bisa digantikan dengan memberikan minyak-minyak tertentu, jika dirasa apaknya mengangu tetangga. dan konon tidak perlu dilakukan selamatan setahun sekali. Konon tembang liring aliran kanan juga efeknya tidak sekeras aliran kiri.

Demikian sedikit yang bisa admin tulis tentang Tambang Liring Darah, Karya Seni Mistik Dari Kalimantan Bagian 1,
Bagian 2 bisa dibaca di Review Tambang Liring Darah Aliran kanan Asli Kalimantan .Insya Allah tulisan berikutnya akan coba admin ulas lebih dalam tentang efek Tambang liring baik secara positif maupun negatif dan beberapa cara merawat tembang liring secara jelas.

 

Author: Mr. wics

3 thoughts on “Tambang Liring Darah, Karya Seni Mistik Pelet Dari Kalimantan Bagian 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen + one =