Robot Milik NASA Berhasil mendarat di Mars ini foto Pertamanya

Robot Milik NASA Berhasil mendarat di Mars ini foto Pertamanya, Lembaga antariksa NASA berhasil mendaratkan rover robotika tercanggihnya, Perseverance, di permukaan Planet Mars setelah melalui perjalanan selama sekitar 6 bulan. Rover ini akan mencari jejak-jejak kehidupan di Planet Merah tersebut.
“Perseverance menjadi rover kelima dari NASA yang mendarat dengan selamat di permukaan Mars setelah menghadapi teror 7 menit,” demikian laporan dari CNN yang dikutip, Jumat (19/2/2021).
Baca juga: Mengenal Khodam Pendamping Manusia

Robot pesawat bernama Perseverance telah sukses mendarat di Mars sambil membawa Ingenuity, sebuah helikopter yang didesain khusus untuk menjelajah di planet merah itu.
DW menjelaskan untuk sampai bisa mendarat di Mars robot itu mulai turun dengan kecepatan 20 ribu km per jam dari angkasa. Parasut dan berbagai mekanisme pendaratan membuat kecepatan berkurang hingga 3 km per jam kemudian enam ban yang dimilikinya bisa menyentuh permukaan.


Robot pesawat Perseverance sendiri menggunakan nuklir sebagai bahan bakar energi utamanya sehingga tidak perlu mengandalkan sinar matahari untuk mengisi baterai. Selain itu Ia juga dilengkapi 19 kamera cangih, dan empat kamera tambahan untuk memandu saat proses pendaratan. Salah satu sistem kamera utamanya adalah Mastcam-Z, berfungsi mirip seperti mata manusia.Tugas utama kamera ini adalah mengambil video definisi tinggi,panorama berwarna dan foto 3D permukaan Mars dan fitur yang ada di atmosfer menggunakan lensa zoom. Adapun ars Oxygen In-Situ Resource Utilization Experiment atau MOXIE dipakai untuk membantu mempersiapkan manusia dalam misi berawak menuju Mars. Ia dirancang mengubah karbondioksida di Mars jadi oksigen.
Baca juga:Cara Memindahkan aplikasi ke Kartu SD Pada Handphone android

Permukaan mars:SUmber gambar twiter NASA

 

Perseverance sendiri telah mengirim gambar pertama ke Bumi setelah melakukan pendaratan. Gambar itu adalah permukaan Mars seperti diperlihatkan di akun Twitter resmi Perseverance.
Ingenuity adalah alat eksperimental NASA berupa helikopter kecil untuk mempelajari tentang benda yang terbang serta mendarat vertikal di atmosfer Mars. Hal ini bisa jadi informasi penting lantaran atmosfer di Mars jauh lebih tipis dibanding atsmosfir di Bumi, dan bisa mempengaruhi penerbangan benda di mars.

SUMBER: cnn, Detik.com dan twitter

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − 1 =