Perbedaan Micro USB dan USB Type C Serta kelebihanya Secara umum

Perbedaan Micro USB dan USB Type C Serta kelebihanya Secara umum

Kotanopan.com. Secara umum saat ini kita mengenal ada dua type konektor yang sering digunakan untuk pengisian daya ataupun perpindahan data dari handphone ke laptop. Micro USB dan USB type C adalah 2 konektor yang umum digunakan. Perbedaan micro USB dan USB Type C serta kelebihannya Secara umum akan kita bahas kali ini.

Seiring berkembangnya zaman, teknologi baru akan terus bermunculan dimana salah satu tujuannya adalah mempermudah kehidupan kita. Demikian juga dengan type konektor konektor yang ada saat ini. Micro USB Mulai digunakan di perangkat handphone dan perangkat lainnya sudah sekitar tahun 2008. Di mana bukan hanya handphone saja yang menggunakannya bahkan beberapa type kamera,  MP3 player, dan perangkat-perangkat yang juga memerlukan pengisian daya dan mentransfer file.

Perbedaan micro USB dan USB type C serta kelebihannya secara umum, sebenarnya bisa dengan mudah kita lihat terutama dari bentuk fisik kedua konektor tersebut. Mikro USB memiliki bentuk melengkung di satu sisi, serta rata atau datar di sisi yang lainnya. Hal ini terkadang membuat kita harus selalu memastikan Apakah konektor mikco USB ini berada pada sisi yang tepat ketika hendak menyambungkan ke perangkat yang lain. 




Ini adalah hal yang umum terjadi bahkan tidak jarang jika kita tidak berhati-hati, dan memasukkan pada sisi yang salah terlalu keras akan membuat perangkat menjadi rusak atau bahkan mungkin konslet, sehingga beresiko perangkat terbakar. Hingga pada sekitar tahun 2013 munculah USB Type C, Yang secara bentuk berbeda dari micro USB, Dimana kedua sisinya memiliki bentuk dan ukuran yang sama.

Perbedaan Micro USB dan USB Type C Serta kelebihanya Secara umum
Perbedaan Micro USB dan USB Type C Serta kelebihanya Secara umum

USB Type C sendiri memiliki sisi yang sama baik sisi atas maupun bawahnya. Hal ini memungkinkan kita untuk mencolokkan kabel ke perangkat dengan lebih cepat aman tanpa harus memperhatikan bagaimana posisi pada konektor. Karena meskipun kita menyambungkannya secara terbalik maka akan tetap bisa terpasang dengan baik.

Baca juga:
Daftar Aplikasi Bawaan Hp Xiaomi Rawan Di retas, Update Segera
Fungsi Opsi Pengembang Pada Android Dan Cara mengaktifkanya
Cara Aktivasi esim Telkomsel Pada Android Berbagai Type, mudah

Secara teknis micro USB memiliki kecepatan transfer data yang lebih rendah daripada USB Type C. Micro USB secara umum hanya dapat mentransfer daya hingga maksimal 9 watt, Atau sekitar 5 volt dan 1,5 ampere. Hal ini berbeda dengan USB Type C yang bisa mentransfer daya hingga 20 volt dan 5 Ampere. 




Dari segi Pengiriman data Perbedaan micro USB dan USB type C, juga memiliki banyak perbedaan. Usb Type C juga jauh lebih unggul daripada micro USB type lama. USB type C dengan kualitas dan koneksi yang bagus memiliki kecepatan transfer data hingga maksimal mencapai 10 Gbps, sedangkan USB micro maksimal hanya bisa hingga 5 Gbps. Namun tentu saja hal tersebut juga dipengaruhi oleh jenis perangkat kualitas kabel serta koneksi yang tersedia.
Anda juga bisa mengikuti Kotanopan.com di news.google.com untuk mendapatkan update terbaru informasi teknologi

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 3 =