Detasemen Deteksi Paspampres Teliti Setia Waspada

Kotanopan.com. Entah ilham dan bisikan darimana yang membuat admin malam ini ingin mengulas tetntang Salah satu Pasukan Terbaik Indonesia, bahkan mengulas salah satu detasemen terbaik dari 4 detasemen yang ada di paspampres. Yaitu Detasemen Deteksi Paspampres, dengan sloganya “Teliti Setia Waspada”. Karena selama ini banyak dari kita yang mengira bahwa paspampres hanya terdiri dari orang-orang ganteng dan cantik yang selalu berkeliling di sekitaran Presiden, ataupun wakil presiden. Padahal sejatinya ada minimal 4 detasement dalam Paspampres GRUP A dan Grup B. Yang khusus mengawal Presiden dan wakil Presiden. Meskipun sejatinya Paspampres memiliki 4 Grup yaitu A, grup B, Grup C dan Grup D.

Next, lantas kenapa Admin kotanopan ingin membahas Detasemen deteksi Paspampres? tentu saja karena memang admin ingin menulis dan meluangkan unek-unek serta celotah dalam bentuk tulisan. Dan saya lihat jarang sekali yang membahas Detasement Deteksi Paspampres Ini. Yuuk,,mari kita mulai pembahasan.
kita mulai dari Moto Detasemen deteksi itu sendiri:
baca juga:Benarkah Pendaftaran CPNS 2021 sudah di buka? Ini faktanya.

“TELITI SETIA WASPADA” melambangkan motto satuan Detasemen Deteksi Paspampres.
TELITI artinya dalam melaksanakan tugas dan fungsinya anggota Detasemen Deteksi selalu mengutamakan ketelitian, untuk menghilangkan sekecil apapun ancaman yang dapat membahayakan VVIP.
SETIA artinya anggota Detasemen Deteksi Paspampres selalu setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.
WASPADA artinya dalam pelaksanaan tugasnya, anggota Detasemen Deteksi Paspampres selalu waspada terhadap segala bentuk ancaman yang bisa muncul setiap saat yang dapat membahayakan keselamatan VVIP.

logo detasemen deteksi.
Sumber dokpri

Sesuai namanya Detasemen deteksi, maka tugasnya adalah Mendeteksi ancaman, bukan hanya serangan, tapi ancaman. Termasuk pendeteksi serangan biologis, bahkan untuk mensterilkan lokasi acara, Paspampres juga sering  menggunakan sejumlah perlengkapan khusus  seperti body armour, lalu pakaian khusus untuk menghalangi ancaman biologis, hingga beberapa alat pelindung lainnya.

Bahkan di detasemen deteksi paspampres, juga ada anjing pelacak khusus untuk pendeteksi bom. Karena memang anjing dikenal memiliki indra penciuman yang sangat tajam. Lantas kalau ada BOM gimana? eit tenang Detasemen deteksi Paspampres juga punya robot Khusus untuk meng evakuasi BOM.  Setahu admin kotanopan.com Robot Terakhir adalah berjenis robot Theodor buatan negara Jerman, Canggih bukan?
baca juga:Informasi Jadwal Pendaftaran Prakerja Gelombang 17 kuartal II 2021

Selain itu Paspampres juga memiliki team khusus yang menjaga makanan dan minuman yang di konsumsi Oleh Presiden lho. Biasa di sebut Tim Pengaman Makanan dan Medis Detasemen Kesehatan Paspampres, tugas utama adalah meneliti dan mencoba berbagai makan yang akan disantap presiden. Enak ya? bisa makan makanan presiden hahaha… eh. bahkan team ini selalu membawa berbagai macam makanan (logistik) termasuk teh, biskuit, makanan ringan, snack hingga makanan pasar atau jajanan pasar lho. lhaa… kok malah merembet ke detasemen sebelah kan. Balik lagi ke detasemen deteksi.


Kalau kita sering lihat paspampres berpakaian rapi, necis kacamata hitam. Tapi tidak selalu demikian dengan Detasemen deteksi paspampres. kadang pakaian mereka adalah Hazmat khusus anti radiasi, atau anti serangan biologis dan kimia, bahkan tidak jarang berpakaian Perang lengkap dengan senjata laras panjang dan berpasangan dengan Anjing khusus yang biasa disebut anjing K-9 alias Anjing yang bertugas Khusus melacak bahan peledak.
Detasemen Deteksi sendiri Memiliki lebih dari satu Anjink K-9 ya, Bukan cuma 1 saja.
baca juga:Berapa Keuntungan SPBU Pertamina dalam satu bulan?

Sekian sedikit penjelasan tentang Detasemen Deteksi paspampres, Sebenarnya admin kotanopan ingin membagi info tentang jumlah personil setiap dentasemen, dan nama dentasemen lain, tapis sepertinya kurang etis,
jadi ini saja.Intinya Detasemen Deteksi memiliki kemampuan teknis dan melaksanakan fungsi pengamanan di bidang penjinakan bahan peledak. Selain itu, Detasemen Deteksi juga menjalankan fungsi dalam mengatasi ancaman bahaya nuklir, radiasi, racun kimia dan biologi.

Lantas min kalau kita ancam Presiden lewat media sosial atau Internet kira-kira di deteksi engak?
wkwkw,,, jadi Ingat sama Film Snowden, kira-kira dilacak engak sama paspampres? yaa.. apapun itu sebaiknya jangan jika itu hal buruk ya, Siapa tahu nanti postingan anda terbaca oleh detasemen deteksi dan di lacak kan susah.

Author: Mr. wics

1 thought on “Detasemen Deteksi Paspampres Teliti Setia Waspada

  1. salut dengan paspampres kita, selalu teliti, setia dan waspada, dengan begitu pemimpin akan selalu aman dari gangguan orang-orang jahat, nice info mas Nopan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − 11 =