Cara Perbaiki Printer Canon G Tinta Turun G1010 g3010 G2010

Cara Perbaiki Printer Canon G Tinta Turun G1010 g3010 G2010.

Kotanopan.com. Printer canon Pixma seri G cukup dikenal di Indonesia, dengan harga yang murah dan handar tidak aneh jika barnag tersebut juga awet digunakan bertahun-tahun. Salah satu masalah Printer Canon G Adalah tinta sering turun kembali ke tabung tinta, sehingga mengakibatkan masuk angin pada cartridge. Kali ini kotanopan.com akan mebahas Cara Perbaiki Printer Canon G Tinta Turun G1010 g3010 G2010 sendiri, sebelumnya sebaiknya anda mencabut arus listrik ke printer terlebih dahulu.

Cara Perbaiki Printer Canon G Tinta Turun G1010 g3010 G2010.
Cara Perbaiki Printer Canon G Tinta Turun G1010 g3010 G2010.

Cara Perbaiki Printer Canon G Tinta Turun G1010 g3010

1. Periksa Tabung tinta Jika habis isi ulang

Hal pertama yang harus dilakukan adalah anda bisa Periksa Tabung tinta Jika habis isi ulang segera, tidak perduli warna apa yang yang habis segera isi ulang terlebih dahulu. Jika tinta pada tabung kosong dipastikan selang akan masuk angin dan mengakibatkan pencetakan gagal.

2. Periksa selang tinta

Tahap selanjutnya Periksa selang tinta dengan seksama. kita akan melihat ada 4 selang tinta. Periksa dengan seksama bagian mana yang sekiranya bocor. Usap dengan Tisu pada selang tinta untuk mengetahui jika ada selang yang mengalami kebocoran. Jika kebocoran tidak terlihat secara fisik lakukan pengujian selang. Anda bisa membaca artikel Perbaiki Printer Pixma G3010 Tidak mencetak kertas Macet P06 P10 Untuk melakukan pembukaan Penutup cartridge agar tinta tidak mudah bocor kembali ke tabung.

 

3. Uji selang Tinta.

Untuk menguji kebocoran pada selang tinta, sebaiknya anda meniup dengan pengisi tinta Sput. Jika anda melakukan penyedotan kecil kemungkinan kebocoran akan terlihat. Namun jika anda melakukan Uji selang Tinta dengan cara di tiup dengan Spoot pengisi tinta maka akan lebih mudah dilihat titik bocornya selang.

 

3. Periksa bagian dalam apakah ada bekas tinta

cara Perbaiki Printer Canon G Tinta Turun juga bisa dilakukan analisa dengan melihat, apakah bagian dalam printer ada bekas tinta tercecer, basah ataupun membanjiri bagian dalam. Jika ada bekas tinta maka dipastikan ada kebocoran yang memerlukan penanganan dan penggantian selang tinta.

Baca juga:
Melihat Perbedaan Tinta Printer Epson Asli Dan Palsu
Perbaiki Printer L355 Time To Reset Ink Lampu Menyala Semua
11 Cara Perbaiki laptop lambat loading Windows 10 dan 11

Cara Perbaiki Printer Canon G Tinta Turun G1010 g3010 G2010. Bagian dalam printer bersih
Cara Perbaiki Printer Canon G Tinta Turun G1010 g3010 G2010. Bagian dalam printer bersih

4. Periksa Penutup bagian atas cartridge .

Kebocoran penutup bagian atas tinta sering terjadi namun tidak membuat tinta meluber kemana-mana. Kerusakan ini umum terjadi dan agak sulit di deteksi serta memerlukan penanganan khusus. Jika bisa dilakukan penambalan tidak ada salahnya di tambal, namun jika tidak maka anda perlu menganti penutup Rumah cartridge Canon Seri G.

Cara Perbaiki Printer Canon G Tinta Turun G1010 g3010 G2010. Penutup Cartigde
Cara Perbaiki Printer Canon G Tinta Turun G1010 g3010 G2010. Penutup Cartigde

Untuk melakukan pengantian anda bisa membeli penutup baru, kemudian membuka penutup saja tanpa perlu menganti seluruh Rumah cartridge. Kerusakan pada penutun rumah cartridge Printer Canon Seri G memang kerap terjadi, hal ini karena Desain rumahnya memang berbeda dengan beberapa printer seri lainya. 




5. Cek Kondisi Cartridge:

Pastikan cartridge tinta terpasang dengan benar. Jika cartridge rusak atau bocor bagian dalam atau samping, pertimbangkan untuk menggantinya dengan cartridge yang baru dan sesuai dengan spesifikasi pabrik.

Kesimpulan

Cara Perbaiki Printer Canon G Tinta Turun G1010 g3010 G2010 umumnya bisa dilakukan sendiri jika anda memiliki dasar-dasar pengetahuan tentang printer. Namun jika beberapa cara diatas sudah dicoba namun tidak menyelesaikan masalah, alangkah baiknya anda bawa ke Service Center terdekat.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen + fifteen =