Perbaiki Printer Epson M200 Error Paper Jam Tidak bisa Mencetak

Perbaiki Printer Epson M200 Error Paper Jam Tidak bisa Mencetak

Kotanopan.com. Perbaiki Printer Epson M200 Error Paper Jam berusara berisik padahal tidak ada kertas, hal ini membuat printer tidak bisa digunakan mencetak apapun. Epson sendiri dikenal sebagai produsesn printer yang cukup handal. Dengan berbagai produk-produk andalan mereka yang sudah mendunia. Salah satunya EPSON M200 dengan fitur Cetak, scan Copy dan ADF Hingga kertas F4. Namun ada kalanya printer mengalami masalah seolah-olah ada kertas macet paper Jam padahal tidak ada benda asing tersangkut didalamnya.  Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan seperti:

1. Periksa Bagian dalam Printer

Pemeriksaan bagian dalam printer, buka penutup depan kemudian perhatikan apakah ada benda asing yang tersangkut baik itu potongan kertas, atau plastik atau pena dan mungkin juga benda-benda asing lainya. Penyebab Printer menjadi paper jam belum tentu karena kertas, bisa juga karena benda asing.

Perbaiki Printer Epson M200 Error Paper Jam Berisik
Perbaiki Printer Epson M200 Error Paper Jam Berisik

2. Bersihkan Dengan tisu

Lepas kabel power dan USB kemudian Bersihkan bagian dalam printer dengan tisu, bagian dalam meliputi Roller dan beberapa bagian yang bisa dijangkau dengan tisu secara langsung. Printer yang banjir tinta akan menyebabkan hubungan pendek arus rendah serta mnegakibatkan sensor mendeteksi paper jam. Gunakan tisu kering yang bersih untuk melakukan permbersihan.

 

3. Periksa kabel flexibel

Pada beberapa kasus cara Perbaiki Printer Epson M200 Error Paper Jam Tidak bisa Mencetak juga bisa dilakukan dengan melihat apakah kabel flexibel yang terbung ke cartridge ada yang putus? terlipat ata terkenan tinta pada konektor. Konektor cartridge berwarna kuning emas, jika bagian ini kotor maka terjadi asur pendek atau konslet. Pastikan Kabel flexibel tidak ada yang terlipat ataupun lepas.

4. Cek Per Kait Per Pembuangan

Beberapa kasus lepasnya Per Kait Per Pembuangan juga menjadi penyebab Printer Epson M200 Error Paper Jam, untuk memeriksanya kita perlu menguji bagian cartridge, caranya geser cartridge kearah kiri mentok kemudian raih Bagian pembuangan dengan tangan, kemudian geser ke arah kiri lalu lepaskan. jika cartridge  kembali kekanan dengan sendirinya maka per terpasang dengan baik, namun jika tidak mau kembali ke kanan besar kemungkinan per lepas dan perlu dibongkar.




5. Tuas Pengunci Cartridge Longgar

Hal terakhir yang sering menjadi penyebab Printer Epson M200 Error Paper Jam Tidak bisa Mencetak adalah tuas pengunci Cartridge Longgar. Meskipun sederhana namun pengait kunci ini sering diabaikan oleh para teknisi, sementara jika tuas pengunci ini longgar tentu Cartridge akan sulit dibaca oleh Printer sehingga mengakibatkan M200 Error dengan sendirinya. Coba untuk kencangkan kabel head dan Tuas pengunci Cartridge.

Perbaiki Printer Epson M200 Error Paper Jam Berisik kencangkan kabel head
Perbaiki Printer Epson M200 Error Paper Jam Berisik kencangkan kabel head

Baca juga:
Perbaiki Printer L355 Time To Reset Ink Lampu Menyala Semua
Perbaiki Printer Pixma G3010 Tidak mencetak kertas Macet P06 P10
Melihat Perbedaan Tinta Printer Epson Asli Dan Palsu

Kesimpulan

Beberapa cara Perbaiki Printer Epson M200 Error Paper Jam Tidak bisa Mencetak bisa anda terapkan dirumah sebelum membawa ke teknisi yang anda percaya, namun jika memang anda tidak yakin untuk melakukanya tidak ada salahnya langsung membawa ke service center terdekat agar mendapatkan service yang lebih baik.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen − six =