Cara Memperbaiki Headset Bluetooth TWS Tidak Mau Mengisi Daya

Cara Memperbaiki Headset Bluetooth TWS Tidak Mau Mengisi Daya

Kotanopan.com. Cara Memperbaiki Headset Bluetooth TWS Tidak Mau Mengisi Daya.True wireless stereo atau TWS adalah perangkat audio yang dapat Anda pasangkan ke telinga tanpa menggunakan koneksi kabel untuk menghubungkannya ke ponsel. TWS adalah perangkat audio yang mengirimkan gelombang suara menggunakan Bluetooth dari perangkat smartphone atau perangkat pemutar media. Hadir tanpa kabel membuat TWS menjadi perangkat audio yang simpel, praktis, dan mudah dibawa ke mana-mana. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pengguna smartphone yang lebih memilih menggunakan TWS daripada perangkat audio berkabel lainnya karena lebih nyaman dan efisien.

Kendati demikian, sama halnya dengan perangkat elektronik dengan baterai lainya lainnya, TWS juga terkadang mengalami masalah tertentu. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah TWS yang tidak bisa dicas atau mengisi daya. Umumnya, saat mengisi daya True wireless stereo atau TWS ditandai oleh lampu indikator berwarna merah yang muncul saat di charger. Namun ketika TWS ci charger untuk mengisi daya pada port pengisian, ternyata lampu pengisian daya tidak menyala, kemungkinan Headset Bluetooth TWS Tidak Mau Mengisi Daya. Apabila Anda mengalami masalah TWS Tidak Mau Mengisi Daya, maka tidak perlu panik karena ada beberapa solusi yang bisa dicoba untuk mengatasinya. Pastikan Anda memeriksa kondisi charger, port pengisian daya, dan kebersihan perangkat TWS Anda.

Periksa Cek port TWS.

Periksalah port pengisian daya pada perangkat Anda. Mungkin saja port pengisian daya TWS Anda kotor atau longar dan menghambat proses pengisian. Biasanya, membersihkan port tersebut sudah cukup untuk mengembalikan fungsi pengisian daya TWS Anda. Gunakanlah tusuk gigi atau benda tipis non-logam lainnya untuk membersihkan kotoran yang ada di dalam port tersebut. Pastikan Anda melakukannya dengan hati-hati agar tidak merusak komponen di dalamnya. Selain itu, membersihkan port secara teratur dapat membantu menjaga performa pengisian daya perangkat Anda. Jika masalah berlanjut, Anda bisa mencoba menggunakan alat pembersih khusus untuk port pengisian daya.




Tempatkan TWS dengan benar.

Pastikan Anda meletakkan kedua TWS dengan benar di tempatnya, yaitu di casing pengisian daya. Beberapa earbud TWS tidak langsung menerima pengisian daya melalui kabel, melainkan melalui casing yang dihubungkan dengan kabel. Apabila Anda menghadapi situasi ini, pastikan earbud TWS ditempatkan dengan sempurna di dalam casing agar dapat menerima daya dengan optimal. Selain itu, selalu periksa koneksi antara casing dan sumber daya untuk memastikan pengisian berjalan lancar dan tanpa hambatan.

Baca juga:
Fitur Whatsapp yang sebaiknya Anda ketahui Sebelum mengunakanya
Solusi Canon IP110 Printer error b203 B201, B202, Berkedip
9 Aplikasi Edit Foto Dan Video Android Gratis dan Ringan

Baterai TWS Bermasalah.

Jika Anda sering menggunakan TWS, kemungkinan besar performa baterainya akan menurun seiring waktu. Biasanya, baterai TWS tidak langsung rusak secara tiba-tiba, melainkan mulai mengalami penurunan performa secara perlahan. Umumnya, baterai TWS akan menurun performanya dalam jangka waktu dua hingga empat tahun sebelum akhirnya benar-benar tidak dapat digunakan dengan baik lagi.

Ketika situasi ini terjadi, hal tersebut sangatlah wajar. Pasalnya, setiap perangkat elektronik memiliki umur pakai yang bervariasi. Jika Anda sudah menggunakan TWS selama beberapa tahun, baterainya mungkin akan mulai mengalami penumpukan kristal internal. Kristal-kristal ini meningkatkan hambatan listrik dan secara bertahap mengurangi kapasitas daya yang dapat ditahan baterai setelah beberapa waktu pemakaian. Jadi, jangan heran jika Anda mengalami masalah ini setelah menggunakan TWS dalam jangka waktu yang lama. Perawatan dan penggunaan yang tepat bisa membantu memperpanjang umur pakai baterai perangkat Anda.




TWS Over Discharge.

Jika Anda pernah lupa untuk mengisi daya TWS dalam jangka waktu yang lama? Baterai TWS yang dibiarkan kosong terlalu lama dapat mengalami kerusakan, yang mengakibatkan kondisi over discharge, atau tidak bisa mengisi daya kembali. Solusinya adalah  coba charger TWS bersamaan dengan pengisi baterai/ dock TWS juga.

Kebanyakan baterai TWS merupakan Li-Ion (Lithium-Ion) yang mengandung tembaga. Jadi, jika Anda membiarkan baterai TWS kosong selama berminggu-minggu tanpa mengisi daya sama sekali, hal ini dapat menyebabkan tembaga larut, memicu reaksi kimia yang tidak diinginkan, dan merusak TWS dengan cepat terutama bagian baterai itu sendiri.

Cara Memperbaiki Headset Bluetooth TWS Tidak Mau Mengisi Daya
Cara Memperbaiki Headset Bluetooth TWS Tidak Mau Mengisi Daya (ilustrasi TWS normal)

Inilah yang biasanya mengakibatkan korsleting di dalam baterai, dan membuat TWS Anda tidak bisa diisi daya. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya anda secara rutin mengisi daya TWS Anda. Selain itu, dengan menjaga agar baterai tetap terisi, Anda akan memperpanjang umur baterai dan memastikan perangkat TWS berfungsi optimal. Jangan lupa untuk selalu memeriksa status baterai secara berkala. Ikuti Kotanopan.com di news.google.com untuk mendapatkan update terbaru informasi teknologi

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − 1 =