Fitur Whatsapp yang sebaiknya Anda ketahui Sebelum mengunakanya

Fitur Whatsapp yang sebaiknya Anda ketahui Sebelum mengunakanya

Kotanopan.com. Banyak fitur-Fitur Whatsapp yang sebaiknya Anda ketahui Sebelum mengunakanya, Baik untuk alasan keamanan ataupun kenyamana anda sendiri. Sebagai salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di dunia, tidak bisa dipungkiri Fitur Whatsapp memang cukup banyak bahkan semakin berkembang. Tidak jarang kita pengguna bahkan tidak mengetahui adanya menu tersebut, sehingga sering abai bahkan tidak peduli.

Kali ini kotanopan.com akan membahas Fitur Whatsapp yang sebaiknya Anda ketahui Sebelum mengunakanya, agar kita semua semakin memahami fungsi aplikasi tersebut.

1. Berbagi Lokasi.

Sebagai aplikasi perpesanan Fitur Whatsapp yang cukup membantu adalah berbagi lokasi terkini kepada orang lain. Perlu dicatat bahwasanya Fitur berbagi lokasi pada aplikasi Whatsapp hanya bisa anda gunakan jika Anda mengaktifkkan lokasi di perangkat anda sendiri. Sebelum mengunakan fitur Berbagi Lokasi whatsapp, kita perlu mengubah pengaturan ponsel untuk memberikan izin WhatsApp melacak setiap lokasi kita.




2. Pengaturan Privasi dan keamanan.

WhatsApp dikenal dengan reputasi sebagai salah satu platform perpesanan yang menjaga privasi para penggunanya, dengan enkripsi ujung ke ujung (end-to-end) pada semua obrolan. Namun, ada beberapa cara tambahan untuk Anda untuk lebih meningkatkan privasi saat mengunakanya. Secara default, siapa pun dapat melihat kapan terakhir kali Anda membuka aplikasi WhatsApp. Gambar profil dan teks Tentang Anda juga dapat dilihat oleh publik. Anda dapat melakukan Pengaturan Privasi di tab Obrolan, ketuk Menu (khusus Android), lalu Pengaturan > Privasi. Pada bagian ini Anda dapat menyesuaikan visibilitas Anda ke tingkat yang diinginkan.

Fitur Whatsapp yang sebaiknya Anda ketahui Sebelum mengunakanya
Fitur Whatsapp yang sebaiknya Anda ketahui Sebelum mengunakanya

Untuk meningkatkan keamanan, Anda juga dapat menambahkan autentikasi dua faktor (tambahan). Anda akan diminta untuk membuat PIN baru, yang harus Anda masukkan saat mengunakan WhatsApp di ponsel baru. Setelah dimasukkan, Anda akan diminta untuk memasukkannya secara berkala sebelum dapat menggunakan aplikasi Whatsapp. Untuk menambahkan PIN keamanan pribadi pada Aplikasi, buka menu WhatsApp dan pilih Pengaturan – Akun – Verifikasi dua langkah. Anda akan diminta untuk membuat PIN enam digit. Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat memastikan bahwa privasi dan keamanan akun WhatsApp Anda lebih terjaga serta tidak mudah di ambil alih oleh pihak lain.

3. Mengirim Catatan Suara.

Beberapa dari kita mungkin lebih senang mengunakan pesan suara, daripada harus mengetik pesan yang panjang. Fitur Whatsapp yang sebaiknya Anda ketahui berikutnya adalah Mengirim Catatan Suara, yup dengan fitur ini kita tidak perlu bersusah payah mengetik pesan kata demi kata. Cukup pencet tahan gambar mikrofon yang ada di bagian samping perpesanana kemudian rekam suara anda lalu kirim, semudah itu caranya.




4. Backup Pesan.

Untuk menyimpan obrolan WhatsApp tetap aman dan tersedia, Anda dapat mengatur chat atau pesan untuk dicadangkan secara otomatis, misalnya dengan akun google. Pengguna Android memiliki opsi untuk mencadangkan ke Google Drive mereka, sementara pengguna iOS dapat mencadangkan ke iCloud. Untuk mengakses opsi pencadangan, ketuk Menu tiga titik – Pengaturan/ setting – Obrolan – Cadangan Obrolan (Android) atau Pengaturan / setting -Obrolan – Cadangan Obrolan (iOS). Di sini, Anda dapat memilih Frekuensi pencadangan seperti antara Harian (dicadangkan setiap hari), Mingguan, atau Bulanan. Anda juga dapat memilih apakah akan mencadangkan video atau tidak.

baca juga:
Solusi Akun Ini tidak dapat lagi Menggunakan Whatsapp Karena Spam
Cara Aktifkan Mode Gelap di WhatsApp Atau Dark Mode WA Android
Cara kirim Pesan WhatsApp Tanpa Menyimpan Nomor Penerima

Namun perlu diingat bahwa mencadangkan video akan menghabiskan lebih banyak ruang penyimpanan pada akun google. Jika Anda berganti ke ponsel baru atau mencopot sementara WhatsApp karena alasan apa pun, sebaiknya anda menjalankan pencadangan pesan di menit-menit terakhir secara manual dengan mengetuk Cadangkan Sekarang. Langkah-langkah ini memastikan bahwa pesan dan data penting Anda tetap aman dan tersedia kapan pun Anda membutuhkannya.

Author: Mr. wics

2 thoughts on “Fitur Whatsapp yang sebaiknya Anda ketahui Sebelum mengunakanya

  1. whatsaaps salah satu aplikasi mesengger paling rame sekarang ini, selain banyak fiturnya, juga mudah di gunakan, dan aman pastinya 😀

  2. Dari semua fitur wa tadi hanya berbagi lokasi aja yg jarang bahkan hampir ga pernah saya aktifkan kalo gak penting banget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × five =