Cara agar baterai laptop lebih awet tahan lama dan Tidak Drop

Cara agar baterai laptop lebih awet tahan lama dan Tidak Drop (ilustrasi laptop rusak)

Kotanopan.com. Cara agar baterai laptop lebih awet tahan lama dan Tidak Drop. Saat ini laptop sudah merupakan barang umum yang bisa kita temui hampir di setiap  rumah. Penggunaannya mulai dari anak sekolah kuliah hingga bekerja, di era digital yang semakin berkembang penggunaan laptop memang menjadi hal yang  lumrah dilakukan.

Setiap laptop pasti memiliki baterai, di mana kebanyakan baterai yang digunakan saat ini berjenis lithium-ion. Baterai tersebut tipenya mirip dengan yang ada pada handphone terbaru saat ini. Meskipun laptop modern saat ini sudah dilengkapi dengan sebuah fitur pengisian daya ayam lebih cerdas mencegah terjadinya proses pengisian yang terus-menerus sehingga menyebabkan baterai laptop menjadi rusak.

Cara agar baterai laptop lebih awet tahan lama dan Tidak Drop (ilustrasi laptop rusak)
Cara agar baterai laptop lebih awet tahan lama dan Tidak Drop (ilustrasi laptop rusak)

 Namun ada Beberapa cara agar baterai laptop lebih awet tahan lama dan tidak drop. Tips ini bisa dilakukan untuk tipe laptop baru ataupun tipe laptop lama yang kita miliki Karena pada dasarnya cara kerjanya adalah sama saja.

Isi Sepenuhnya saja.

Hal pertama yang harus dilakukan agar baterai laptop lebih awet adalah isi daya laptop sepenuhnya saja. Misalnya Anda mengisi baterai laptop cukup hanya sampai 100% kemudian anda segera mencabutnya. Meskipun laptop memiliki fitur otomatis untuk memutuskan pengisian daya, namun charger yang tercolok terus menerus ke laptop tentu tidak akan memberikan efek yang baik, terutama untuk laptop itu sendiri.




Jangan Charger Semalaman.

Jangan mengisi daya laptop semalam,  Jika anda masih berpikir bahwa mengisi daya laptop selama semalam itu adalah hal yang baik, dan anda berharap paginya laptop sudah penuh dan siap digunakan. Maka hal tersebut bukanlah hal yang sebaiknya anda lakukan lagi. Charger laptop sepenuhnya saja jika sudah 100% silahkan anda cabut  charger tersebut dari konektor listrik, agar tidak ada lagi arus yang mengalir ke laptop anda.  Melakukan pengisian daya secara berlebihan membuat baterai menjadi panas dan lebih cepat rusak.

 

Jangan Menumpuk Laptop.

Masih banyak orang yang tidak tahu bahwa menumpuk laptop di antara buku adalah hal yang baik, apalagi jika anda sedang mengisinya. Ketika proses charging laptop sedang berjalan mesin akan mengeluarkan panas yang sejatinya panas itu sebaiknya dibuang dengan sirkulasi udara cukup. Jika anda  menumpuk laptop diantara buku tentu hal itu akan membuat panas yang dihasilkan mesin terperangkap dan tidak bisa keluar.  Usahakan memilih tempat dengan ventilasi baik saat Anda mengisi daya laptop Anda. Namun usahakan jauh dari jendela agar ketika hujan tidak terkena air atau mungkin juga agar tidak diambil oleh orang yang lewat.




Segera isi daya saat 20%

Cara agar baterai laptop lebih awet dan tahan lama berikutnya adalah, isi daya saat level baterai mencapai 15 atau 20%. Percayalah hal ini mungkin nampak sederhana tapi sangat berguna untuk anda,  Sebagai tambahan informasi pada dasarnya kebanyakan tipe baterai laptop saat ini tersusun dari beberapa baterai kecil yang kemudian disambung menjadi satu kesatuan. Jika salah satu daripada baterai tersusun tersebut mati maka akan mengakibatkan kegagalan fungsi daripada baterai laptop anda. Maka alangkah baiknya jika Level baterai sudah mencapai 15 atau 20% ada segera melakukan Pengecasan, Jangan pernah membiarkan Laptop mati sendiri karena kehabisan baterai, hal tersebut akan membuat waktu umur pakai baterai menjadi lebih pendek.

Baca Juga:  Cara Rubah word Ke PDF Offline Mudah Tanpa Aplikasi

Jangan Gunakan Saat mengisi daya .

Sebisa mungkin jangan menggunakan laptop saat anda sedang melakukan charging pada laptop anda,  hindari penggunaan berlebihan pada saat pengisian daya agar baterai laptop lebih cepat terisi, dan jika memang Anda terpaksa harus menggunakannya sebaiknya Anda menambah kipas pendingin di bagian bawah laptop anda untuk mendinginkan mesin saat penggunaan dan pengisian daya. Meskipun Hal ini terlihat sederhana namun dapat membantu mendinginkan baterai serta Mesin anda.

Gunakan Charger Original.

Usahakan untuk selalu menggunakan charger original atau bawaan laptop anda,  hindari menggunakan charger universal atau aftermarket karena bisa saja spesifikasi charger tersebut tidak cocok untuk tipe laptop anda. Charger original umumnya memiliki fitur-fitur tertentu yang tidak dimiliki oleh charger non original baik dari segi kualitas auto off hingga fitur tegangan dan pengisian daya yang dimiliki.

 

Matikan Fitur yang tidak perlu.

Beberapa laptop mungkin dilengkapi dengan bluetooth wi-fi  dan lampu keyboard.  Jika anda merasa beberapa fitur tersebut tidak digunakan seperti bluetooth ataupun wi-fi maka tidak ada salahnya Anda mematikan wifi tersebut untuk menghemat penggunaan daya Anda,  hindari penggunaan layar yang terlalu terang karena akan menguras penggunaan baterai.

Baca juga:
Cara Rubah DNS 1.1.1.1 Cloudflare Pada HP dan Laptop Terbaru
Cara Upload File ke Google drive Dengan Handphone Dan laptop
11 Cara Perbaiki laptop lambat loading Windows 10 dan 11

Beberapa hal di atas adalah Cara agar baterai laptop lebih awet tahan lama dan Tidak Drop yang bisa anda lakukan sendiri dalam kehidupan sehari-hari.  Jika anda jarang menggunakan laptop alangkah baiknya anda melakukan pengisian daya minimal 1 minggu sekali, sambil menghidupkan dan sekedar mendengarkan musik satu atau dua jam. Jika sudah selesai, dan baterai penuh Anda bisa mematikan dan kemudian menyimpannya untuk digunakan lain kali.  Jika anda memiliki pertanyaan serta konsultasi terkait baterai perangkat anda, silahkan tingalkan komentar atau hubungi facebook admin. Laptop yang terlalu lama tidak dihidupkan ataupun di charger baterainya akan beresiko rusak pada bagian baterai . 

 

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 4 =