PMP EDS Dikdasmen Gagal Login atau registrasi Solusinya?

ntuk aplikasi PMP EDS Dikdasmen Gagal Login atau registrasi.

KOTANOPAN.COM Aplikasi PMP EDS Dikdasmen tahun 2019 dan 2020 masih juga menemui cukup banyak kendala, baik itu Gagal register ataupun gagal login setelah pendaftaran, dan hal itu yang admin kotanopan temui di bulan september 2020 ini, padahal deadline adalah Oktober 2020, masalah juga semakin berat dimana kegagalan yang admin rasakan hanya di salah satu Data sekolah saja. Untuk lebih jelasnya akan coba admin uraikan dibawah.

Kebetulan admin kotanopan.com mencoba register 4 akun sekolah dalam satu aplikasi EDS PMP offline,
Dimana sekolah no 1 hingga 3 sudah selesai di register dan bisa Log in, masalah terjadi pada sekolah ke 4 dimana ketika mengambil data prefill berhasil (maka username, sandi dan kode REG sudah tepat), maka dilakukan register pada sekolah ke 4, dan alhasil register seperti berhasil dan halaman kembali ke tampilan Login.

Masalah terjadi ketika kita hendak log in, dimana password dan username dikatakan salah, karena penasaran coba saya melihat username dan sandi yang saya gunakan untuk register di Aplikasi EDS offline ini di Log register pada file “Acess.log” yang bisa dibuka dengan Notepad, saya melihat ada data register yang sudah tepat dimana Username sandi kode reg dan prefil diterima. namun Permintaan Login gagal dengan keterangan Sandi username salah, sungguh terlalu. kasus Ini terjadi pada Aplikasi EDS PMP 2019, yaitu gagal Log in. Meskipun saya pribadi tidak menyerah begitu saja,



Masih dengan aplikasi PMP EDS 2019 saya mencoba register kembali dengan prefil baru, nama prefil sesuai aslinya tanya tambahan (1) atau sejenisnya, karena setiap prefil gagal saya lakukan delete prefil kemudia coba download ulang dengan link download yang lain di http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan dan percobaan kedua gagal total, masalah masih sama register berhasil namun Login Gagal dengan keterangan sandi atau username salah.  Lantas apakah saya menyerah? tentu saja tidak semudah itu saya menyerah, karena saya berfikir masih ada jalan atau solusi untuk aplikasi PMP EDS Dikdasmen Gagal Login atau registrasi.

Lalu saya mencoba dengan Aplikasi eds 2019 yang saya kasih Patch 2019 dengan harapan akan ada perubahan ataupun jalan keluar, namun hasil tetap juga sama dan tidak ditemukan juga, dimana patch EDP PMP 2019 juga mengalami gagal Login, meskipun pada file acces Log register saya berhasil, Sebagai catatatan kasus  kasus Ini terjadi pada Aplikasi EDS PMP 2019, yaitu gagal Log in ini terjadi pada EDS 2019 + patch, kasus sama dengan 2019 tanpa patch. untuk data yang sudah diregister yaitu 3 sekolah lainya masih aman dan bisa log in meskipun sudah di upgrade patch dengan 2019+.

Apakah kemudian saya menyerah dengan 2 kegagalan diatas?
tentu saja tidak karena saya masih memiliki setidaknya 2x percobaan lagi dengan metode yang berlainan, yaitu EDS 2020 dan EDS 2020+ Patch. lantas seperti apa hasilnya? mari kita bahas bersama karena dengan Aplikasi EDS 2020 ini memberikan hasil yang berbeda dan lain dengan EDS 2019 tentunya. Masih terkait dengan satu sekolah yang tidak berhasil saya login.



Pada aplikasi EDS Offline versi 2020 (atau beberapa orang menyebut 2021), bahkan saya tidak berhasil melakukan register padahal Prefill saya ambil yang baru fresh dengan keterangan yang tidak kalah mengerikan, yaitu
Registrasi selesai. Keterangan APlikasi sudah pernah di registrasi, silahkan cek Log resgistrasi terakhir….. dan hingga selesai, maka saya mencoba login 3 akun sekolah lainya dan berhasil, namun 1 sekolah yang memang sejak awal gagal registrasi tidak juga berhasil pada EDS 2019 dan 2020 ini.

Saya berfikir, mungkin karena ini adalah versi patch, dari 2019 ke 2020, lalu saya Uninstal versi 2020 ini dengan program penghapus instalan hingga bersih sampai ke Cace, register, temp dan foldernya dengan mode advance dan skip backup, karena saya ingin memastikan agar semua data Instaler lama benar-benar bersih, bahkan Cache dan Riwayat pada Browser daya bersihkan hingga tuntas. Lalu saya mencoba Fresh Instaler aplikasi EDS 2020 non patch, dan hasilnya masih sama saja yaitu pada register pertama berhasil, namun tidak bisa juga Login dengan keterangan Username atau pasword salah.

ntuk aplikasi PMP EDS Dikdasmen Gagal Login atau registrasi.
ntuk aplikasi PMP EDS Dikdasmen Gagal Login atau registrasi.

Kemudian saya coba lakukan register ulang dengan prefill baru dan hasilnya sama seperti pada EDS 2020 sebelumnya Registrasi selesai. Keterangan APlikasi sudah pernah di registrasi, silahkan cek Log resgistrasi terakhir….. stop, saya berhenti dan lakukan pembersihan riwayat, dan cache. Cek Log Acces Log memastikan data saya kembali, namun saya tidak melihat kesalahan, semua permintaan, username sandi dan Port berjalan, Namun login Gagal, kemudian daya coba lakukan patch dengan  versi 2020 berharap akan menemui solusi, namun apalah daya bahkan EDS 2020+patch juga gagal dan masih tetap tidak menemukan solusi untuk aplikasi PMP EDS Dikdasmen Gagal Login atau registrasi. Saya mencoba me register 3 sekolah lainya, dan berhasil tanpa kendala hanya 1 sekolah ini saja yang berkendala.

Maka saya berhenti dan mencoba mencari letak salahnya,
1. saya bisa download Prefil dengan USername dan sandi + kode Reg ini, maka saya ber asumsi tidak ada masalah dengan Username dan sandi serta Kode reg saya. Meskipun  sebenarnya Antara Username dan sandi EDS dan dapodik memang berbeda.

Memang 4 sekolah ini baru melakukan perbaikan e-mail valid, dimana mereka baru perbaikan e-mail, akan tetapi ketika saya gunakan E-mail baru yang bisa dipakai login ke dapodik, maka Email baru ini tidak bisa dipakai Download Prefill PMP ataupun register di PMP EDS, maka saya simpulkan bahwasanya Data pada EDS PMP masih data E-mail dan sandi lama, karena memang ketika saya gunakan username dan sandi lama, maka saya bisa download prefil pada 4 sekolah dan register serta login pada EDS pada 3 sekolah, dimana hanya 1 sekolah saja yang gagal.



Maka apakah ada masalah dengan File Prefill yang sayta download? saya sempat merasa curiga, sehingga saya melakukan download prefill melalui beberapa link secara bergantian, karena memang File Prefill pun terkadang memiliki ukuran yang berbeda meskipun hanya selisih 1-5 kb saja, namun apa salahnya kita coba dengan cara berbeda. Meskipun hasilnya tetap juga gagal. Saya sempat penasaran dengan “isi” prefill dan isi daripada Seluruh aplikasi EDS ini dan berniat melakukan Oprek sana-sini agar menemui titik terang , namun karena Program EDS ini di lindungi oleh negara, tentu salah jika saya mencoba melakukan oprek sana-sini pada aplikasi Milik pemerintah ini, karena EDS buka Open source seperti android ataupun Linux.

lantas apa yang saya lakukan? pada kasus ini saya berhenti dahulu mecoba, karena sudah sekita 3 hari saya melakukan percobaan-percobaan dan berbagai cara yang saya coba ternyata tidak membuahkan hasil untuk melakukan register pada 1 sekolah ini, dimana 3 sekolah lainya sukses register dan Login pada aplikasi EDS 2020, jika ada teman-teman yang mungkin pernah serasa senasib dengan saya atau tahu solusinya, silahkan bagi caranya di Kolom komentar, terimakasih,

 

 

Author: Mr. wics

2 thoughts on “PMP EDS Dikdasmen Gagal Login atau registrasi Solusinya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 4 =