Hiruk Pikuk Pilkada Mandailing Natal 2020

Hiruk Pikuk Pilkada mandailing natal sumatera Utara 2020 sepertinya semakin terlihat jelas, setelah kamis kemarin tanggal 24 september 2020 dilakukan pencabutan nomor peserta Pilkada tahun 2020 untuk Wilayah Mandailing Natal sumatera Utara. Pada umumnya admin memang malas membahas masalah politik, karena saya pribadi kurang berminat dalam hal masalah politik praktis, namun apa salahnya sekali ini saya coba membahasnya, karena kebetulan beranda Facebook saya penuh dengan posting-postingan para calon dan tim suksesnya yang semakin merajalela, padahal teman facebook saya hanya sekitar 2700an, karena setiap list akun yang tidak aktif saya hapus dari daftar pertemanan.

lantas apa yang akan coba kita bahas pada artikel Hiruk Pikuk Pilkada Mandailing Natal 2020 ini? Terutama adalah akfifitas mereka para pendukung di media sosial terutama facebook, karena di twitter saya melihat sangat jarang terdengar gaungnya pilkada mandailing natal ini, mungkin karena memang masyarakat sekitar lebih suka mengunakan facebook tentunya (berdasarkan pengamatan saya), maka wajar jika pendekatan lebih di maksimalkan pada media facebook.


 

Pertama mari kita bahas calon dengan nomor urut 1 Jafar Sukhairi Nasution dan Atika Azmi Utammi, sedikit catatan Atika Azmi Utammi juga bermarga Nasution, Jafar sendiri adalah wakil bupati madina saat ini. Aktifitas mereka di media sosial cukup agresif dan bisa dikatakan cukup mendominasi, dengan hastag #suka.  Pengunaan hastag dan slogan memang cukup populer setelah kampanye di Era Pemilihan Presiden jaman SBY, sehingga kita mengenal istilah SBY dan JKW ataupu JK, dan sebagainya, Lantas seperti apa efektifitas dan hasil analisa pengunaan Hastag #suka ini di media sosial? nanti coba kita bahas, namun sekarang kita akan mencoba membahas tentang aktivitas Hiruk pikuk mereka di media sosial.

Peserta Pilkada madina 2020 no urut 1 <sumber facebook

Akun media sosial, admin perhatikan calon no urut 1 mengunakan cukup banyak akun facebook untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat, terutama mungkin menyasar kaum mudah dan para penguna facebook,

beberapa akun facebook yang admin temukan adalah
https://www.facebook.com/colaba.mart.5 , https://www.facebook.com/generasimadina.bangkit , https://www.facebook.com/sukhairi.atika/ .

lantas mana yang paling aktif dalam promosi atau mengkampanyekan suaranya? menurut admin kotanopan, semua sama-sama aktif meskipun ada 1 yang membuat admin bertanya, kenapa akun “pribadi” Atika Azmi Utammi (yang juga Nasution) ini mengunakan url https://www.facebook.com/colaba.mart.5 (colaba mart)? mungkin karena memang keluarganya memiliki mini masket bernama Colaba di kotanopan? bisa jadi. Yang pasti akun facebook ini juga baru di buat sekitar awal atau pertengahan tahun 2020 ini, karena berdasarkan pengamatan saya pribadi,  Atika Azmi Utammi ini memiliki akun facebook pribadi selain ini tentunya.

Belum lagi akun pendukung militan mereka yang juga jumlahnya tidak sedikit, dan di akun-akun tersebut memang mereka lebih fokus pada kegiatan Pra Pemilu selama ini, termasuk pendaftaran, pengambilan nomor dan kunjungan ataupun kegiatan mereka, contohnya ketika paslon no 1 ini sering melakukan live di akun facebooknya, dan sempat saya perhatikan melakukan diskusi dengan para pengikut facebooknya. Meskipun saya perhatikan, calon No 1 ini juga sempat bermasalah dengan akun facebooknya, yaitu di suspend oleh pihak facebook.




Pasangan kedua yang saya rasa tidak asing lagi, yaitu Dahlan – Aswin, petahanan yang juga ikut mencalon pada pilkada ini mengandeng sosok baru yaitu Aswin sebagai pasangannya mengatikan Jafar yang mengunakan kendaraan politik terpisah untuk maju pada pilkada 2020. Jika kita perhatikan, calon no urut 2 ini juga cukup aktif dalam bermedia sosial, meskipun saya sendiri sempat merasa kesulitan mencari Hastag slogan mereka secara pasti, terlihat mereka mengunakan banyak slogan semisal #madinadahsyat #dahlanaswinlanjutkan #pembangunantuntaskan,

calon bupati madina 2020 no urut 2, sumber facebook

Beberapa akun  media yang aktif mempromosikan mereka diantaranya adalah https://www.facebook.com/dahlan.aswin.56 , https://www.facebook.com/madina.madani.967 ,  isinya juga tidak jauh beda dengan milik paslon no 1 yaitu kegiatan mereka yang berhubungan dengan persiapan pilkada madina 2020. Hanya pada paslon no urut 2 ini terlihat pada akun https://www.facebook.com/dahlan.aswin.56 bukan akun tersebut yang aktif, namun para pendukungnya yang lebih banyak menandai atau mengirim di Wall facebook ini dan beberapa media berita online juga terlihat sering membagikan berita terkait kegiatan Paslon no urut 2 ini. Mungkin karena masih berstatus pejabat aktif ya, namun entah bagaimana nanti setelah Cuti dan resmi melakukan kampanye, kita akan lihat kepastianya.

Pasangan No urut 3???
saya akan tulis nanti Insya Allah setelah Sholat jum’at.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × two =