Cara pendaftaran Prakerja Untuk pemula dan syaratnya

Cara pendaftaran Prakerja Untuk pemula dan syaratnya

Cara pendaftaran Kartu Prakerja 2020 Untuk pemula dan syaratnya, kali ini ditulis berdasarkan pengalaman dari yang pernah mendaftar lamgsung. karena saat ini angka PHK efek covid19 cukup tinggi, maka hal ini bisa jadi solusi untuk yang ingin menambak kemampuan dan mencari pekerjaan baru. Syarat mendaftar program Kartu Prakerja adalah usia Minimal 18 tahun, tidak sedang menempuh pendidikan Formal dan tentu saja harus WNI. Selain itu Syarat berkas yang harus di siapkan mendaftar kartu prakerja 2020 adalah:
1. KTP asli, foto dahulu KTPnya untuk di upload di web Prakerja,
2. Foto Selfie memegang KTP, iya foto harus selfi sambil memegang KTP, mirip seperti pendaftaran CPNS atau kalau mau kredit Online.
3. E-mail aktif dan bisa dibuka, saat mendaftar kita akan mendapatkan Link aktivasi di E-mail, Link harus di klik/ pencet untuk verifikasi.
4. Nomor HP aktif, nantinya juga akan di verifikasi nomor HP kita, jadi pastikan Nomor Handphone aktif dan bisa di hubungi.
5. Perangkat dan Akses Internet stabil tentunya.
baca juga :Download Aplikasi UMMA Terbaru persiapan Bulan Ramadhan 2020

Next cara mendaftar Kartu Prakerja Online, kunjungi
langsung https://dashboard.prakerja.go.id/daftar, anda akan dihadapkan pada form, isi email valid dan aktif serta Sandi/ password. Tunggu sejenak maka akan ada e-mail masuk, klik pada e-mail untuk verifikasi e-mail. Lalu Login lagi dengan pasword utama tadi.

Kemudian Isi validasi data Diantaranya Nomor NIK KTP dan tanggal lahir anda.

Cara pendaftaran Prakerja Untuk pemula dan syaratnya
Cara pendaftaran Prakerja Untuk pemula dan syaratnya

 Jika data berhasil di Validasi maka anda akan dihadapkan lagi pada pengisian data lebih lengkap. seperti nama, alamat domisili dan KTP, pendidikan, jenis kelamin, status pekerjaan, pada bagian ini harap Isi dengan cermat dan jangan ada kesalahan terutama pada kolom Nomor Handphone, karena nantinya akan dilakukan Validasi No HP dengan kode SMS.
baca juga:Jadwal Belajar dari rumah TVRI mulai 13 April 2020

Pada kolom ini, anda juga diwajibkan mengupload Foto KTP asli (harus FOTO asli, tidak bisa foto copy), kemudian diwajibkan juga mengisi Foto selfie sambil memegang KTP asli, pastikan wajah dan tulisan pada KTP terlihat jelas dan gambar bukan editan, atau harus berada dalam satu kolom. Pengalaman Kerja mungkin belum akan ditanya, tapi hanya ditanyakan status pekerjaan saat mendaftar.


Jika sudah, anda wajib mengikuti tes Motivasi & Kemampuan dasar pada situs resmi Kartu Prakerja untuk memenuhi keseluruhan proses pendaftaran. Tes ini bisa langsung saat itu, atau bisa juga ditunda, saran kamia dalah gunakan Akses Internet stabil dan jangan sampai terputus, karena Tes ini ada batas waktu pengerjaanya ya.
So siapkan diri anda sebelum memulai Tes dasar Kartu prakerja. Tes Motivasi & Kemampuan dasar dengan berdurasi maksimal 25 menit dengan jumlah total adalah 19 soal, kita juga bisa menggunakan alat bantu (kertas, pensil/pulpen) untuk menyelesaikan soal tes tahap ini.

Setelah tes awal selesai, maka jawaban akan dikunci dan disimpan untuk kemudian dilakukan evaluasi, maka disini kita bisa menunggu hasilnya. Dan admin sarankan untuk segera mendaftar jika Gelombang / angkatan di daerah anda maih tersedia, karena setiap Gelombang mempunya kuota untuk area dan periode tertentu. Cek Dashboard akun, untuk melihat atau cek Gelombang yang masih terbuka, karena terkadang Gelombang / angkatan cepat terisi tergantung daripada daerahnya.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 4 =