Cara Mengatasi Handphone Samsung yang Macet dan Lambat

Mengatasi Handphone Samsung yang Macet dan

Kotanopan.com. Jika anda sering menemukan Handphone Samsung yang macet dan lambat tentu saja hal ini sangat menyebalkan. Apalagi jika Smartphone tersebut hanya satu-satunya alias handphone utama. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli handphone baru atau membawa ponsel Anda ke tempaat servis, Tidak ada salahnya mencoba Cara Mengatasi Handphone Samsung yang Macet dan Lambat. Kami akan akan membahas beberapa solusi yang mungkin membantu Anda mengembalikan kinerja ponsel Samsung Anda ke kondisi lebih baik lagi.

 

1. Periksa Ruang Penyimpanan Pada Handphone.

Ketika penyimpanan dalam ponsel sudah mendekati penuh, maka Handphone akan bekerja lebih lambat. Periksa Ruang Penyimpanan Pada Handphone Samsung yang terasa lambat dan hapus file yang tidak diperlukan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penyimpanan file di memori internal bawaan handphone.  Sebaiknya anda memindahkan beberapa file foto atau video ke kartu SD jika ponsel memiliki slot kartu memori yang masih bisa digunakan.

2. Restart Ulang Ponsel Untuk Mematikan Program latar belakang.

Langkah pertama yang harus Anda coba saat ponsel Samsung Anda mengalami masalah macet atau melambat cukup dengan melakukan restart ulang. Ini dapat membantu membersihkan cache sementara dan memulai ulang sistem. Caranya: Cukup matikan handphone kemudian tunggu 1-3 menit dan hidupkan kembali.
Melakukan restart ulang juga dapat membantu membersihkan cache sementara dan memulai ulang sistem tanpa program berjalan serta Mengatasi Handphone Samsung yang Macet
Baca Juga:
Cara Menghapus Iklan Di HP Android Tanpa Aplikasi

4 langkah Cara Memblokir Orang Lain Di Aplikasi Threads Instagram
Cara Mengunci Aplikasi Pada Handphone Oppo

3. Perbarui Perangkat Lunak. 

Samsung umumnya secara berkala akan merilis update perangkat lunak untuk meningkatkan stabilitas dan kinerja ponsel mereka. Jika handphone Samsung yang Macet dan Lambat masih berusia maksimal 2 tahun maka tidak ada salahnya dilakukan Pembaharuan perangkat lunak. Namun jika sudah lebih dari 4 tahun sebaiknya jangan lakukan update sistem Operasi, namun cukup bersihkan file sampah saja.

4. Coba hapus aplikasi Tidak Digunakan.

Jika anda memiliki beberapa aplikasi yang tidak digunakan ada baiknya dihapus saja, agar penyimpanan pada handphone lebih lega. Umumnya aplikasi yang tidak pernah digunakan hanya membuat handphone penuh. Apalagi jika aplikasi melakukan update secara otomatis. Terutama game yang umumnya akan menghabiskan lebih banyak ruang penyimpanan ponsel namun sangat jarang dipakai. Ketika Anda ingin memasang  sebuah Game atau aplikasi sebaiknya diperhatikan apakah aplikasi yang Anda install tersebut memberatkan ponsel? dan apakah memori internal masih mencukupi untuk memasang aplikasi tersebut nantinya. Jika anda kesulitan menghapus Aplikasi bisa baca tutorial kami di Kenapa Aplikasi Android Bisa TerInstal Sendiri, Dan Cara Menghapus Aplikasi sebelumnya 

Mengatasi Handphone Samsung yang Macet dan Lambat
Gambar Handphone memory penuh (dokpri)

 5. Hapus Cache Pada aplikasi Yang ada.

Jika anda merasa sayang untuk menghapus aplikasi yang ada, maka anda bisa menghapus cache saja untuk Mengatasi Handphone Samsung yang Macet dan Lambat. Cache atau temporary file tidak akan membuat anda kehilangan data pada aplikasi. Namun akan membuat handphone menjadi lebih lega karena file-file sampah ini dihapus.

6. Matikan animasi dan efek visual pada handphone.

Animasi pada walpaper ataupun efek visual yang terlalu atraktif serta variatif terkadang akan membebani pernagkat. Sehingga menjadi lebih lambat ataupun Ngelag macet-macet. Coba untuk mematikan efek animasi serta efek transisi yang ada pada handphone agar kinerja lebih mengutamakan performa daripada tampilan yang atraktif.

Kesimpulan

Namun Jika masalah tidak selesai setelah melakukan semua langkah di atas, sebaiknya hubungi teknisi yang berkualitas dan terpercaya untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Semoga tulisan kotanopan.com ini membantu Anda mengatasi masalah dengan ponsel Samsung yang macet dan lambat.


Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 + eleven =