Cara Membuat kelas Di Google Clasroom Untuk guru dan pengajar sekolah

Belajar dirumah atau belajar dari rumah menjadi cara efektif, dan kali ini kita akan coba membahas Cara Membuat kelas Di Google Clasroom Untuk guru dan pengajar sekolah. Yuup.. cara yang ini akan sangat mudah dan efektif untuk kita semua.
Pertama masuk ke link google clasroom di https://classroom.google.com/u/0/ kita akan bertemu laman kelas, jika belum mempunyai kelas baru maka cara pertama Klik tanda + di ujung kanan atas (dekat gambar profil google) lalu klik “buat kelas”.

Setelah form kelas terbuka kita akan melihat tulisan “Menggunakan Classroom di sekolah dengan siswa?” beri tanda centang di bagian pernyataan di bawah, lalu klik “lanjutkan”. Kemudian isi data Kelas, mata pelajaran, ruang dan lainya sesuai kebutuhan anda, setelah data wajib terisi klik “lanjutkan” maka sebuah Ruang Classroom google sudah anda buat, mudah bukan?

 Cara Membuat kelas Di Google Clasroom Untuk guru dan pengajar sekolah
Cara Membuat kelas Di Google Clasroom Untuk guru dan pengajar sekolah

Untuk memasukan siswa atau mengundang siswa di kelas, cukup bagikan kode kelas orang yang hendak di undang, kode kelas ada di bagian kiri atas biasa berisi kode unik atau lambang kotak, klik bagian tersebut dan kode kelas akan muncul, berikan kode kelas ke siswa atau para murid agar mereka bisa bergabung ke kelas yang kita buat.
cara masuk ke Google clasroom juga mudah, cukup kita minta kode kelas dan masukan ke form kanan atas yang bertuliskan “gabung ke kelas”. Maka otomatis kita akan tergabung ke grup kelas yang sesuai.

 Cara Membuat kelas Di Google Clasroom Untuk guru dan pengajar sekolah
Cara Membuat kelas Di Google Clasroom Untuk guru dan pengajar sekolah

Baca juga:Cara Klaim Pulsa Listrik Gratis mudah dan Efektif untuk Listrik Token

Setelah Kelas pada google classroom dibuat, murid sudah masuk dan di undang, lantas berikutnya adalah memasukan tugas pelajaran di File classroom, caranya sangat mudah, kita hanya perlu melakukan upload file baik itu pelajaran, dokument atupun video dari youtube yang hendak kita jadikan bahan pelajaran siswa. Caranya sederhana seperi ketika kita membuat status di facebook, cukup tulis sebuah judul lalu Klik “tambahkan” dan pilihan baik itu Link, video youtube atau pilihan file yang hendak di Upload akan muncul di bawahnya.
Pilih sesuai kebutuhan dan mana yang hendak kita upload dan posting. maka file akan otomatis muncul.

Sebagai tambahan, kita juga bisa mengelola lebih dari 1 kelas atau ruang pada google clasroom, dan ini sangat membantu untuk kita semua yang mungkin mengajar di lebih dari 1 tempat dan memiliki murid berbeda, dimana daftar murid dan kode undangan juga berbeda sehingga murid lebih terorganisir dengan benar.



Jika aplikasi zoom memungkinkan kita melakukan pengajaran dengan Video maka google clasroom lebih mengutamakan tugas dan cocok untuk akses internet yang kurang kencang dan terbatas, terutama area yang sering mengalami pemadaman listrik ataupun sinyaL kurang stabil, karena pelajaran pada clasroom akan tersimpan dan bisa diakses murid baik itu siang ataupun malam harinya.
Baca Juga: Memperbaiki Aplikasi Zoom yang tidak bersuara dan tidak bisa dibuka

Secara pengunaan aplikasi Google clasroom juga lebih flexibe, dan tersedia baik itu Melalui Komputer laptop atau aplikasi android, serta menghemat kuota internet, meskipun fitur masih kalah interaktif dibandingan aplikasi Zoom atau video converence sejenisnya, namu segala-sesuatu memang di pilih berdasarkan kemampuan serta pengunaan dan fasilitas penunjang tentunya. Demikian  Cara Membuat kelas Di Google Clasroom Untuk guru dan pengajar sekolah semoga membantu para guru dan siswa.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × three =