Siapa Sebenarnya Anarko? Mari Kita bahas disini

Siapa Sebenarnya Anarko? Mari Kita bahas disini
Anarko sendiri jika di kutip dari Wikipedia, adalah sebuah kata awalan yang mengacu kepada “anarki” atau “anarkisme”. Anarkisme sendiri yaitu suatu paham, ideologi, ataupun filosofi yang mempercayai bahwa segala bentuk negara, pemerintahan, dengan kekuasaannya adalah lembaga-lembaga yang menumbuh suburkan penindasan terhadap kehidupan, oleh karena itu negara, pemerintahan, beserta perangkatnya harus dihilangkan/dihancurkan.

Penangkapan ANrko, Sumber HUmas Polri

Di Indonesia sendiri Nama atau kelompok Anarko mulai terdengar namanya sejak awal tahun 2020 ini, dimana pada umumnya yang diketahi selama ini anggotanya di dominasi oleh anak-anak muda, seperti kasus vandalisme yang beberapa waktu lalu terjadi di Tangerang. Seperti yang kita ketahui diatas, maka Tujuan kelompok Anarko adalah melakukan vandalisme serentak, agar rakyat atau masyarakat secara umum terpancing lalu terprovokasi melakukan keonaran, penjarahan, dan pembakaran terutama ke orang-orang yang dianggap kaya. Mirip seperti kejadia 98 tentunya.


Jika hal itu terjadi di tahun 2020 tentu akan sangat merugikan negara, dimana saat ini kita sedang berperang melawan Covid-19 yang membuat negara bahkan Dunia mengalami masa-masa yang sulit.
Dari wikipedia, Beberapa penggunaan awalan anarko- yang merujuk pada paham dalam anarkisme antara lain:
Anarko-Sosialisme – Sebuah formasi dari Sosialisme libertarian dengan secara absolut menolak keberadaan negara maupun aturan, bentuk ini biasanya termasuk dalam segala bentuk anarkisme.
Anarko-Sindikalisme – Gerakan yang lebih fokus kepada pembangunan gerakan buruh anti-otoritarian, membangun solidaritas pekerja, dan juga menggunakan aksi langsung secara militan seperti mogok kerja massal.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × one =