Perbaiki Printer Epson L5290 Tidak Menarik Kertas Paper Jam

l5290 kertas macet paper jam layar

Kotanopan.com Printer Epson L5290 Ecotank Serbaguna adalah penerus generasi L5190, memiliki fitur yang lengkap dengan berbagai kelebihan diantaranya. Tabung tinta terpisah bawaan pabrik yang memudahkan proses pengisian tinta dan kontrol kapasitas, Memiliki scanner dengan kemampuan scan bawah kertas A4 dan scanner ADF hingga kertas F4 atau legal. Cocok untuk kantor dan rumah yang sering mengirim dokumen kertas pajang.
Dilengkapi Wifi untuk sharing koneksi dan mencetak melalui Handphone langsung. Printer Epson L5290 Tidak Menarik Kertas Paper Jam adalah hal yang memang cukup merepotkan untuk yang belum terbiasa mengunakan pencetak tipe ini, dan disini kotanopan akan coba membahasnya.

l5290 kertas macet paper jam layar
l5290 kertas macet paper jam layar (dokpri)

1. Sensor kertas bagian dalam Lepas.
Printer Epson L5290 memiliki setidaknya 2 sensor kertas. Salah satunya ada di bagian belakang tatakan kertas, sensor ini akan terlihat jika kita mengambil semua kertas dan melihatnya dari sisi belakang atas, pastikan posisi pembaca kertas ini ada pada tempatnya dan tidak miring atau keluar dari rell yang ada ataupun mengalami lepas Per Pengait.

sensor kertas l5290 bagian atas luar, Pastikan letaknya sesuai (dokpri)
sensor kertas l5290 bagian atas luar, Pastikan letaknya sesuai (dokpri)

Terdapat satu lagi sensor kertas L5290 pada bagian dalam sisi bawah yang bisa di intip dari depan printer. Ciri jika sensor ini bermasalah menyebabkan Printer Epson L5290 mencetak namun semua halaman berwarna putih, jadi kertas tertarik terus menerus namun kosong tidak ada tinta adalah salah satu ciri sensor kertas kedua yang berada di bagian dalam bermasalah. Bahkan terkadang menyebabkan Printer Epson L5290 Tidak Menarik Kertas Paper Jam serta tidak bisa digunakan.

sensor daam Printer l5290 penyebab kertas macet paper jam
sensor daam Printer l5290 penyebab kertas macet paper jam (dokpri)

Ciri kerusakan sensor kertas bagian dalam penyebab Printer Epson L5290 Tidak Menarik Kertas Paper Jam adalah, jika dilihat dari bagian depan dalam akan nampak miring dan tidak lurus seperti gambar diatas. Hal ini biasanya disebabkan karena ada benda asing masuk atau sensor tertarik saat kita menarik kertas ke sisi depan printer.




Cara perbaiki printer L5290 Tidak Menarik Kertas karena sensor miring harus dibuka terlebih dahulu. Karena letak sensor ini ada di bagian dalam printer dan umumnya ada 1 pegas pengait yang lepas atau tidak pada tempatnya. Perlu kehati-hatian saat melepas bagian ini mengingat bagian dalamnya cukup penuh sesak dan komponen yang berhimpitan. Jangan sampai nanti membuat bagian lain dari printer mengalami patah atau lepas sehingga semakin masuk kedalam.

letak Sensor kertas l5290 bagian dalam penyebab paper jam
letak Sensor kertas l5290 bagian dalam penyebab paper jam (dokpri)

2. Pastikan Tidak Ada Kertas atau benda asing Tersangkut dalam printer.
Apakah sebelumnya ada kendala seperti kertas tersangkut yang ditarik secara paksa? sehingga kertas sobek dan tertingal di dalam sehingga menyebabkan Printer Epson L5290 tidak menarik kertas. Umumnya penyebab paper jam adalah kertas tersangkut sehingga menghalangi proses perputaran roller penarik di dalam mesin mekanik. Coba di intip pada bagian dalam. Jika ada segera ambil kertas atau benda asing tersebut.




3. Komponen Printer mengalami masalah Atau macet.
Meskipun jarang terjadi namun beberapa komponen printer yang aus atau macet juga bisa menyebabkan masalah Printer Epson L5290 Tidak Menarik Kertas Paper Jam. Untuk permasalahan ini umumnya perlu pemeriksaan lebih lanjut mulai dari pengerak roda Gigi hingga Head Catrige apakah dapat berjalan dengan lancar ataukah ada benda yang menghalangi.
Baca Juga:
Perbaiki Printer L5920 Kode E02 Kesalahan Pemindai
Rekomendasi Printer Murah yang Bagus Untuk Di rumah Tahun 2023
Cara Membongkar Membersihkan dan Mencuci Printer Dengan Aman

Kerusakan Motherboard atau papan PCB utama Printer L5290 umumnya tidak akan menyebabkan kesalahan ini, sehingga kita tidak perlu terlalu Khawatir dengan hal itu. Namun sebaiknya coba lakukan cek ulang pada bagian 2 sensor utama dan perputaran Roller jika Printer Epson L5290 Tidak Menarik kertas. Jika anda merasa ragu dan tidak juga menemunkan jawaban atas masalah anda dan printer masih tetap macet, sepertinya saatnya membawa ke tukang service Center langganan anda.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two + two =