Perpustakaan Pusat Informasi dan Dokumentasi Mandailing (PIDM) Hutapungkut

Adalah salah satu tempat yang tidak boleh anda lewatkan jika berkunjung ke daerah kotanopan, yaitu Pusat Informasi dan Dokumentasi Mandailing (PIDM) adalah salah satu kegiatan Kelompok Humaniora Pokmas Mandiri (KHP), di bawah manajemen Yayasan Dr. Rizali Harris Nasution (YDR) dan didukung oleh Yayasan Badan Warisan Soematra (YBWS). Visi KHP adalah “Membangun Masyarakat Mandiri: Sehat, Cerdas, Sejahtera dan Berbudaya”. Misi PIDM adalah revitalisasi sejarah, kebudayaan dan kesenian Mandailing.

Dari informasi yang admin dapatkan, PIDM berdiri di Medan pada 15 Januari 2010 dengan langkah pertama mendirikan Sopo Sio Parsarimpunan Ni Tondi Mandailing (SSP), di Saba Garabak, Desa Hutapungkut Jae, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing-Natal. SSP telah memulai masa ujicoba (soft opening) sejak 17 Juli 2010, dan grand opening-nya pada 26 Desember 2010. SSP berfungsi sebagai Perpustakaan dan Museum Kebudayaan Mandailing. SSP terletak 7 km dari Kotanopan, melalui jalan raya lintas Sumatra dan berbelok di Desa Marapungkut ke arah Hutagodang (1300 m).

Sekilas tentang koleksi perpustakaan ini cukup lengkap, mulai dari buku, hingga pakaian-adat pernikahan bahkan senjata dan beberapa gerabah serta alat musik khas Mandailing terpampang nyata, jelas dan meyakinkan bahwa memang tempat ini benar-benar layak untuk dimasukan kedalam destinasi wisata tujuan anda di kotanopan,
Sekedar informasi jika anda berkunjung Ke Pusat Informasi dan Dokumentasi Mandailing (PIDM) ada baiknya anda datang antara pukul 09.00 hingga 14.00WIB, dan hanya di Hari kerja Senin sampai sabtu, karena pada hari libur nasional mereka Tutup.

Demikian sedikit informasi tentang Pusat Informasi dan Dokumentasi Mandailing (PIDM) atau biasa kami sebut sebagai Perpustakaan Hutapungkut Mandailing Natal. Sebagai tambahan tempat ini pernah mendapat penghargaan dari Pemda sebagai Perpustakaan terbaik se Mandailing Natal. Berikut adalah foto yang admin ambil saat berkunjung kesana 🙂

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 5 =