Kenapa Kartu SD Tidak Terbaca dan Cara Perbaikinya

Kenapa Kartu SD Tidak Terbaca dan Cara Perbaikinya

Kotanopan.com. Media Penyimpanan Kartu SD umum digunakan pada Handphone android, kamera,  tablet, dan perangkat elektronik lainnya. Jika anada menemui masalah Kenapa Kartu SD Tidak Terbaca, admin kotanopan bagikan cara Perbaiki Kartu SD tidak terbaca. Beberapa alasan umum mengapa kartu SD tidak terbaca beserta cara yang dapat dicoba untuk mengatasi masalah tersebut akan kotanopan coba jabarkan.

  1. Konektor kartu SD yang Kotor atau Aus: Salah satu alasan umum Kenapa Kartu Memori Tidak Terbaca pada handphone android adalah karena Konektor kuning pada kartu SD kotor terkena debu atau aus. Konektor kuning pada kartu memori akan menghambat aliran data sehingga perangkat gagal membaca kartu SD dengan baik. Solusinya adalah dengan membersihkan bagian Konektor Berwarna kuning pada kartu SD dengan hati-hati. Jika Kuningan Kartu memori kotor Cara Perbaikinya adalah bersihkan secara hati-hati dengan penghapus pensil berbahan karet, atau jika tidak punya bisa mengunakan karet gelang yang di lingkarkan ke jari kemudian gosok bagian konektor kuning pada kartu SD secara lembut.
    Baca jugaTidak Bisa download Di Playstore Padahal Memory Kosong
    .

    Kenapa Kartu SD Tidak Terbaca dan Cara Perbaikinya
    Kenapa Kartu SD Tidak Terbaca dan Cara Perbaikinya
  2. Jenis Format Kartu SD yang Tidak Sesuai: Perangkat kamera pada umumnya mungkin tidak dapat membaca kartu SD jika formatnya tidak kompatibel. Terutama Jika anda baru memindah Kartu SD dari perangan yang berbeda, misalnya dari handphone anda pindah ke Kamera Digital misalnya, jika kartu SD diformat dalam sistem file yang tidak didukung oleh perangkat, seperti NTFS pada perangkat yang hanya mendukung sistem file FAT32, maka kartu Memori tidak akan terbaca. Solusinya adalah dengan memastikan kartu SD diformat dalam sistem file yang didukung oleh perangkat yang akan digunakan. Jika perlu, format ulang kartu SD menggunakan perangkat yang sesuai, cara Format Kartu SD bisa dengan komputer atau laptop.
  3. Kerusakan Fisik pada Kartu SD: Kerusakan fisik pada kartu memori , seperti patah, lengkung, atau korosi, dapat menyebabkan kartu SD tidak terbaca. Jika kartu Memori mengalami kerusakan fisik yang parah, mungkin tidak ada cara untuk memperbaikinya. Namun, jika kerusakan tidak terlalu parah, mencoba menggunakan bantuan pinset atau alat kecil lainnya untuk memperbaiki fisik kartu SD dapat membantu. Namun, perlu diingat bahwa tindakan semacam ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidak menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Umunya kerusakan Fisik pada Kartu Memori tidak bisa di klaim garansi, sehingga anda perlu membeli Kartu Memori Baru.
    Baca juga:
    Cara Memperbaiki Jaringan E Ke 4G Handphone Android 2023
    Menguatkan Sinyal Wifi Tanpa Aplikasi Tanpa Root
    Cara Memperbaiki Sinyal Handphone Yang Lemah
  4. Kemampuan Perangkat pembaca: Beberapa perangkat Mungkin tidak bisa membaca kapasitas Kartu Memori yang terlalu besar sehinga kartu SD tidak terbaca. Hal ini bukan berarti kartu memori anda rusak namun lebih kepada Perangkat yang kurang memadai apalagi pada beberapa type android. Maka coba gunakan kartu Memori dengan ukuran lebih kecil.



    5. Coba Gunakan Kartu SD lain
    : Tidak ada salahnya untuk mengunakan kartu SD lain sebelum memvonis kerusakan pada Kartu Memori. Jika kartu memory yang lain bisa digunakan pada Handphone android maka dipastikan ada yang tidak normal pada kartu memory anda.

 

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 − two =