Cara Menghindari virus Malware dan Aplikasi hacker dari Handphone

Maraknya peretasan akun internet Bank pada penguna akhir-akhir ini, tidak lepas menjadi perhatian beberapa pihak. Lantas bagaimana cara menghindari agar perangkat atau Smartphone kita tidak disusupi virus malware atau aplikasi peretas? Mari kita sedikit bahas hal itu.

Sebenarnya aplikasi-aplikasi model seperti ini sudah ada sejak lama, Jika di Komputer kita kenal dengan teamviewer atau anydesk atau sofware-sofware sejenis lainya yang legal dan memang umum digunakan untuk meremote perangkat. Maka di android ada beberapa aplikasi juga seperti RemoDroid atau air mirror dan aplikasi sejenisnya lainya, yang juga bisa digunakan untuk meremote perangkat dari jarak jauh.


 

Bedanya disini, aplikasi yang admin sebutkan diatas memang tersedia di playstore dan umum digunakan secara terbuka. Sementara aplikasi-aplikasi jahat, umumnya tidak tersedia di playstore dan dikirim melalui file APK ke handphone pemilik.

APK sendiri ibarat sebuah master program, jika di komputer File program dikenal dengan nama EXE, maka di android file program disebut APK.
Lantas bagaimana cara Menghindari virus Malware dan Aplikasi hacker dari Handphone??
Pertama, pastikan kita mematikan pilihan “Instalasi sumber tidak dikenal”, hal ini memastikan agar kita tidak melakukan instal aplikasi dari sumber yang berbahaya. Karena umumnya aplikasi yang tidak dikenal / malware bisa masuk ke perangkat kita adalah jika pemilik perangkat melakukan instal aplikasi tersebut, namun tidak mengerti aplikasi apa yang di Instal.


Kemudian, pastikan hanya mengambil aplikasi dari sumber yang terpercaya seperti Playstore misalnya. Serta jangan sembarangan Klik link atau lautan website yang tidak jelas sumber dan tujuanya.
Baca juga:
Cara Setting Frekuensi Baofeng BF 888S dan menganti Frekuensi VHF UHF
Cara Melihat Penerima BLT dan jumlah Anggaran Dana Desa tahun 2022
Masih Mau rooting HP ? Jaman sekarang sebaiknya jangan deh, Ini alasanya
Cara merubah NIK KTP menjadi NPWP Pribadi secara online

Tentu saja tidak perlu terlalu khawatir atau paranoid juga ya, karena pada dasarnya ketika kita mengakses suatu website atau aplikasi memang kita juga membagi informasi tertang perangkat kita secara umum. Untuk melihat apa yang umumnya bisa diakses oleh sebuah website kita bisa kunjungi alamat website www.deviceinfo.me disana akan kita lihat inbformasi tentang pernagkat kita, dan apa yang muncul di website tersebut juga bisa di lihat oleh aplikasi atau website yang kita kunjungi.

Cara Menghindari virus Malware dan Aplikasi hacker dari Handphone

Langkah berikutnya adalah, jangan memberikan izin secara sembarangan terhadap aplikasi yang kita tidak tahu fungsinya.  Seperti izin kamera izin media dan lainya, karena izin-izin tersebut memungkinkan sebuah aplikasi membaca isi perangkat kita. Jika di perangkat kita ada beberapa aplikasi yang memang tidak pernah kita gunakan, sebaiknya hapus saja untuk menghemat ruang dan batre. Demikian Cara Menghindari virus Malware dan Aplikasi hacker dari Handphone yang bisa admin kotanopan.com bagikan dan jangan lupa tetap waspada.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 − 11 =