Merakit Mesin Pembuat dan pencetak Mie Listrik

Merakit Mesin Pembuat dan pencetak Mie Listrik

Kotanopan.com Cara Merakit Mesin Pembuat dan pencetak Mie Listrik ini sudah admin praktekan sejak beberapa tahun yang lalu, Tepatnya admin lupa karena sudah cukup lama dan ini adalah salah satu mesin mie sederhana baik dalam hal Proses perakitan dan pembuatan mesin pemotong mie ini. Kenapa dulu admin kotanopan membuat atau merakit sendiri mesin mesin Mie Ayam ini? Karena ketika itu mesin yang beredar di pasaran adalah mesin dengan teknologi yang Full listrik, sehingga kalau listrik padam terpaksa kita hidupkan Genset, sementara tegangan Dinamo pada mesin pencetak Mie cukup besar. Dan listrik di area Kotanopan mandailing natal ini sering padam, sehingga kita harus cari alternatif lainya.
Baca juga:Proses Pembuatan dan Perakitan Mesin Tetas Telur Ayam Semi Otomatis

Konsep pembuatan mesin mie listrik adalah mengabungkan antara pencetak mie manual dan Dinamo sehingga menjadi Mesin pembuat mie Listrik + manual bisa di engkol kalau mati lampu.
Sehingga kita tidak perlu selalu mengandalkan kekuatan listrik. Lantas apakah hasil dari perakitan mesin mie manual menjadi mesin mie listrik ini bagus?
baca juga :Mengobati tanaman cabe yang terkena penyakit Patek Antraknosa atau Buah terbakar

Alhamdulillah hasilnya cukup bagus karena selama admin di kotanopan, sudah banyak melakukan perakitan mesin mie Listrik ini dan hasil cetakan juga bisa stabil, meskipun kita harus cukup terbiasa sebelum mulai mengunakan mesin mie rakitan ini.


Untuk spesifikasi teknis mesin cetak Mie Rakitan ini adalah. Pengiling atau pencetak mie Ayam dengan pisau model lepas 2 tipe besar dan kecil, jadi pisau pada pencetak mie bisa di lepas jika kita hanya ingin menipiskan adonan mie, dan ketika kita ingin memotong atau mencetak mie maka pisau bisa dipasang.
Untuk gambarnya ada dibawah silahkan di lihat dan diperhatikan betul. Mesin cetak Mie Rakitan ini cocok untuk UMKM ataupun warung Mie Ayam bakso skala menengah kebawah, bahkan jika hanya mengiling Mie Sekitar 10-15 Kg/ hari Masih sanggup lho.
Baca juga:Cara Melihat Rencana Umum Pengadaan Pembangunan Daerah dan Nasional

cara Merakit Mesin Pembuat dan pencetak Mie Listrik
cara Merakit Mesin Pembuat dan pencetak Mie Listrik Dar imesin mie Manual

Untuk spesifikasi Dinamo pemutar, gunakan Dinamo Dengan kekuatan pure murni sesuai kebutuhan dan tulisan, jangan gunakan dinamo dengan setelan putaran boak-balik lilitan primer dan sekundernya, karena biasa tenaga kurang bagus, apalagi klo dinamo merk-merk yang terkenal kurang powerfull, pasti mesinya goyang-goyang gak mau muter karena tenaga yang dihasilkan akan kurang, sehingga sering macet-macet dan memperlambat pekerjaan. maunya murah nambah makin repot.
Baca juga:Cara Menyadap HP jarak jauh dengan Mudah dan efektif

Untuk Ukuran Poli pada dinamo adalah “costum” atau sesuaikan dengan kebutuhan aja biar gampang, karena Poly biasa kita bubutkan sendiri ke tukang bubut agar Lubang dan dinamo bisa presisi dan tidak goyang Spy/ kuncianya. Usahakan gunakan Poly tibe besi jangan alumunium, karena besi lebih tahan terhadap beban dan saat mengunci jarang terjadi loss baut nantinya.

Merakit Mesin Pembuat dan pencetak Mie Listrik
Merakit Mesin Pembuat dan pencetak Mie Listrik

Mesin pemotong mie yang ada di gambar ini saya buat beberapa tahun yang lalu, dan kebetulan Alat pemotongnya rusah karena giginya patah (jarang di bersihkan sehingga berkarat).
Yang membuat saya heran, ini mesin mie bisa sekotor ini ya pantesan cepet rusak,. tidak sampai 6 tahun udah remuk giginya. untung dinamonya tidak konslet dan terbakar.
untuk tali roler gunakan tali roller untuk mobil ukuran paling kecil, biasa tapi AC / pompa radiator ukuranya kecil

.


Yang perlu dilakukan ketika melakukan perawatan mesin cetak Mie Untuk Mie ayam ini hanyalah kebersihan dan pastikan mesin dalam kondisi kering setelah di gunakan, jadi usahakan lakukan pembersihan terutama pada pengiling dan pemotong Mie setelah selesai digunakan, agar kualitas mie bagus dan mesin juga awet. Lakukan pelumasan pada gigi-gigi gear mesin dengan minyak Goreng yang masih bagus, jangan minyak bekas jangan juga pakai Oli atau minyak Mesin Jahit, itu tidak boleh. Karena akan merusak gear dan kalau kena Mie hasil cetak hasilnya tidak bagus.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + five =