Apakah Telepon Wa Bisa Disadap? Ini Penjelasan Dan Cara Mencegahnya

Apakah Telepon Wa Bisa Disadap (pexels)

Kotanopan.com. Apakah Telepon Wa Bisa Disadap? Ini Penjelasan Dan Cara Mencegahnya. aplikasi Perpesanan WhatsApp memiliki enkripsi dari ujung ke ujung (end-to-end encryption) hal ini akan membuat orang lain tidak bisa membaca isi percakapan pengguna WhatsApp. Bahkan, pihak WhatsApp sendiri juga tidak bisa melihat percakapan yang telah terlindungi dengan kode enkripsi end-to-end encryption. Secara teknis percakapan di WhatsApp hanya bisa diakses oleh akun pengguna sendiri, yaitu pengirim dan penerima pesan.

Apakah Telepon Wa Bisa Disadap (pexels)
Apakah Telepon Wa Bisa Disadap (pexels)

Jika anda bertanya Apakah Telepon Wa Bisa Disadap? hal ini masih memungkinkan untuk terjadi dan Ini Penjelasan Dan Cara Mencegahnya agar WhatsApp tidak disadap. Ciri-ciri Whatsapp disadap adalah:
– Secara tiba-tiba mendapat kiriman kode OTP lewat SMS maupun telepon,
– Pesan-pesan yang masuk telah dibaca padahal anda belum membacanya
– mengalami keluar akun secara tiba-tiba.
– Aplikasi Whatsapp mengirim pesan dengan sendirinya
– serta status anda online padahal anda sedang tidak aktif.
baca juga:
Kenapa Whatsapp Tidak Bisa di Update? Ini Caranya Perbaiki
Download Aplikasi whatsapp anti band Nowhatsapp 2023
Ciri-Ciri WhatsApp disadap dan Cara Mengatasi WA Disadap

Bagaimana Cara Whatsapp Bisa disadap?
Pertama perlu kita ingat bahwa end-to-end encryption hanya melindungi percakapan para pengguna, bukan akun penguna Whatsapp. Penyadapan atau peretasan WhatsApp masih mungkin terjadi ketika seseorang bisa mendapatkan data kredensial kode OTP (One Time Password) yang dikirimkan melalui Pesan SMS.
Kode OTP sendiri adalah cara Kita untuk masuk ke aplikasi Whatsapp dan hanya dikirim oleh server jika kita memintanya dan akan dikirim ke nomor kita.

Apakah Telepon Wa Bisa Disadap jika pihak lain berhasil mendapatkan Kode OTP tersebut??. Hal ini mungkin saja terjadi ketika ada sebuah aplikasi jahat atau malware yang masuk ke handphone kita dan membaca SMS masuk serta mencuri kode OTP yang dikirim Pihak Whatsapp. Jika kode OTP itu sampai diakses oleh orang lain maka akun WhatsApp pengguna tentu akan bisa diretas, disadap, serta dibajak.





Cara Mencegah WA agar tidak disadap.
Jangan memberikan Kode OTP kepada siapapun dengan alasan apapun, kode OTP adalah password bersifat rahasia dan privasi. Jika kode tersebut tersebar maka akun WhatsApp anda dalam bahaya dan bisa disadap orang lain. Kode OTP WhatsApp bisa juga tersebar atau diambil penyadap melalui aplikasi jahat atau malware/ virus yang sudah ada sebelumnya pada Handphone. Saat pengguna WhatsApp sudah terlanjur menginstal aplikasi atau mengakses sebuah URL malware para penjahat juga akan bisa mengakses SMS di ponsel tanpa kita sadari. Lalu melihat kode OTP yang berada di aplikasi SMS serta menggunakannya untuk menyadap akun WhatsApp pengguna yang asli. Sehingga ada baiknya anda tidak sembarangan menginstal aplikasi dan hapus aplikasi yang tidak perlu atau tidak diketahui kegunaanya.

Cara paling mudah Mencegahnya Adalah Verifikasi 2 langkah.
Untuk anda penguna Aplikasi WhatsApp sebaiknya aktifkan verifikasi 2 langkah, dimana Fitur ini akan memberikan pengamanan tambahan saat ada orang yang mencoba masuk menggunakan akun WhatsApp kita, dengan memasukkan pin tambahan yang berisi enam digit angka yang kita buat sebelumnya.  Apakah Telepon Wa Bisa Disadap setelah fitur tersebut diaktifkan? setidaknya hal tersebut membuat akun lebih aman.

Fitur verifikasi 2 langkah bisa diaktifkan dengan cara masuk ke  “Akun” pada menu pengaturan di aplikasi WhatsApp. Dengan mengaktifkan metode keamanan Verifikasi Dua Langka, kita akan diminta untuk memasukkan pin pengaman tambahan sejumlah 6 digit dan kode OTP, saat akan masuk dan mengunakan akun di WhatsApp.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 − two =