Perlukah kita ganti kartu SIM Card untuk mengunakan layanan 5G telkomsel?

Kotanopan.com, Perlukah kita ganti kartu SIM Card untuk mengunakan layanan 5G telkomsel? oke mari kita bahas, pada dasarnya untuk mengunakan jaringan 5G telkomsel kita bisa dan cukup mengunakan sim Card 4G saja, karena Dalam melayani pengunaan jaringan 5G, Telkomsel menggunakan titik pita frekuensi 2.300 MHz untuk data plane dan titik pita frekuensi 1.800 MHz untuk control plane, maka untuk kita yang kartunya sudah 4G terbaru tidak perlu Menukar Kartu ke 5G.
baca juga:Fix… Jaringan 5G Telkomsel mulai mengudara pada 27 Mei 2021

Hal ini sesuai dengan yang admin kotanopan pelajari pada tahun 2019 yang lalu, tepatnya sekitar april 2019 dimana perusahaan China Mobile dikabarkan telah sukses melakukan trial alias Percobaan jaringan 5G. Perusahaan telekomunikasi asal Tiongkok itu menguji coba 5G tanpa melakukan penggantian kartu dan nomor untuk panggilan suara. Maka besar kemungkinan Indonesia juga akan seperti itu, toh jika bisa tanpa ganti kartu Sim card, kenapa harus repot ganti?

Perlukah kita ganti kartu SIM Card untuk mengunakan layanan 5G telkomsel? Sumber gambar:telkomsel

Yang harus kita persiapkan adalah smartphone alau perangkat kita, agar mendukung jaringan 5G, hal ini tetntu saja tidak perlu tergesa-gesa, toh 5G juga perkiraan perlu waktu sekitar 4-6 tahun agar merata di sebagian besar wilayah Indonesia. Sementara untuk smartphone berkemampuan 5G, sebagian besar merek terbaik di dunia telah menyiapkan perangkatnya masing-masing dan bahkan banyak yang sudah memasuki pasar dalam waktu belakangan ini. Terutama untuk pabrikan tiongkok, karena pada dasarnya Tiongkok telah  menjadi salah satu negara pertama yang beralih ke komunikasi generasi kelima secara komersial. Maka wajar jika Ponsel 5G akan banyak lahir dari pabrikan yang berada di Tiongkok atau China.


 

Seperti apa perbandingan kecepatan 4G dan 5G? Dikutip dari Cnet, Verizon telah pernah memamerkan kecepatan internet 5G dengan memakai dua ponsel Motorola, yaitu Moto Z3 dengan jaringan 4G dan ponsel Moto 5G tentunya. Diuji dengan mengunakan aplikasi Speedtest, jaringan 4G mendapatkan kecepatan download rata-rata di 27,9 mbps. Sedangkan jaringan 5G memiliki kecepatan hingga 634 mbps, fantastis bukan? Sedangkan untuk kecepatan upload sendiri, pada jaringan 4G mencapai 17,7 mbps. Sedangakan kecepatan upload mengunakan jaringan 5G bisa tembus sampai menyentuh angka 23,7 mbps.

Author: Mr. wics

4 thoughts on “Perlukah kita ganti kartu SIM Card untuk mengunakan layanan 5G telkomsel?

  1. Harusnya kalo sudah 5G bisa lebih ngebut lagi ya? Mudah2an bisa sebagus itu. Apalagi telkomsel kan lumayan agak mihil dibanding simcard yang lain. Aku kebetulan pakai 2 nomor, satu telkomsel, satu lagi si kuning.

  2. wah kartu aku kebetulan telkomsel nih mas, lumayan jadi tahu kalau sebentar lagi bakal ngecover 5G walaupun itu butuh waktu penyesuaian juga ya. Dan ternyata smartphone produksi Tiongkok juga bisa mengakses jaringan ini ya, ga cuma yang dari Korea punya ^^v___v

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 1 =