Selain Nuklir Korea Utara Juga memiliki teknologi dan Produk Ini

Kotanopan.com. Selama ini korea Utara hanya dikenal dengan teknologi nuklirnya. Dikenal sebagai negara yang mengisolasi diri maka mereka harus mandiri di atas kaki sendiri, membuat Korea Utara harus menyediakan hampir seluruh kebutuhan negaranya secara mandiri, Termasuk beberapa produk khusus yang digunakan untuk kalangan pemerintahan, militer hingga masyarakat umum di negeri Kim jong un ini, padahal Negara Kim Jong Un juga mampu membuat produk dan teknologi yang canggih lainya. Dibawah akan coba admin Kotanopan.com tulis beberapa Produk dan bahkan Operasi System besutan Korea Utara tersebut.
Baca juga :
Badan Roket Milik China Akan menghantam Bumi Tak terkendali

1. Red Star sistem operasi / OS Buatan korea Utara.

Red Star Oprerasi Sistem adalah produk Korea Utara yang berbasis GNU/Linux dan dikembangkan secara mandiri oleh mereka. Proyek ini dimulai sekitar tahun 2002 sebagai salah satu cara agar bisa menghindari Operasi sistem windows yang di buat oleh perusahaan Amerika. Sebagaimana produk open source buatan sendiri tentu saya Red Star memiliki beberapa modifikasi dan fitur yang mereka sematkan.
baca juga:
Cara pendaftaran Prakerja Untuk pemula dan syaratnya

Salah satu fitur yang paling menonjol adalah, Redstar OS akan memberikan pesan Error dan otomatis melakukan Restart apabila penguna berusaha merubah fungsi dasar, seperti mematikan system pemeriksaan, Antivirus ataupun Firewall bawaan REDSTAR. Konon operasi System besutan korea Utara ini juga memiliki semacam fitur Watermarking yang tertanam dalam sistem untuk memberikan tanda pada semua konten dengan nomor seri Hard Drive perangkat. hal ini dilakukan untuk mempermudah pelacakan setiap konten ataupun media yang bertebaran. Seperti yang admin sebutkan diatas, bahwa REDSTAR juga memiliki “antivirus” dan pemeriksa, yang mana dapat menghapus setiap file tertentu (yang dilarang) yang ada di perangkat dari jarak jauh.

Red Star OS korea Utara, sumber: wikipedia.org

2. Satelite Buatan Sendiri

yuup… jangan kaget, jika korea Utara mampu membuat Senjata nuklir, tentu bukan hal mustahil jika Korea Utara  bisa membuat dan memiliki teknologi satelit mereka sendiri bukan? Bahkan menurut admin kotanopan, jika sebuah negara mampu membuat dan memiliki satelit sendiri bisa saja adalah sebuah tanda bahwa mereka negara maju dengan teknologi yang tidak bsia di remehkan.



Meskipun negera ini meng Isolasi diri bahkan mengalami banyak pembatasan, dan hanya dikenal sebagai negara diktator, ataupun dikenal dengan senjata Nuklirnya, namun mereka mampu membuat dan mengerjakan proyek satelit milik mereka.  Tidak banyak informasi tentang  peluncuran satelit Korea Utara ini, namun beberapa informasi menyebutkan bahwa proyek ini telah dilakukan oleh Korea Utara sejak tahun 2012, dan mereka terus berlanjut mengembangkan teknologinya hingga satelit Kwangmyongsong generasi ke 5, Konon melalui satelit ini juga Korea Utara mampu mendapatkan beberapa informasi mengenai Amerika Serikat.

Satelite: sumber gambar sindonews

 

 

3. Jaringan Intranet Kwangmyong

Dikenal sebagai jaringan Internet milik Korea Utara, meskipun faktanya lebih menyerupai Intranet. Teknologi dan Produk Ini bernama Kwangmyong, adalah internet buat Korea Utara, meskipun sebenarnya lebih menyerupai intranet karena tidak bisa diakses dari luar korut. Intranet ini dikelola dengan ketat oleh pemerintah Korea Utara dan hanya memperbolehkan domain yang sudah disetujui pemerintah. Seperti yang kami kutip dari CNN, diperkirakan ada sekitar lebih dari 300 situs aktif di jaringan Kwangmyong ini. Situs yang ada di dalam jaringan ini memiliki banyak jenis genre, mulai dari situs non politik hingga situs berbau politik. Jaringan Intranet Kwangmyong tersedia di berbagai tempat di Kore Utara mulai UniversitaS, perpustakaan umum hingga sekolah dan fasilitas publik lainya.

Hal yang berbeda dari alamat situs pada jaringan Kwangmyong adalah, setiap alamat situs hanya terdiri dari angka atau IP Adress saja, dimana tidak terdapat nama domain seperti pada Internet umumnya. Cukup merepotkan memang, namun apalah daya seperti itulah adanya. Meskipun dari informasi yang beredar, terdapat juga jaringan Internet bebeas namun hanya terbatas untuk kalangan tertentu saja.
baca juga: 
Cara Mengurus Pemasangan Listrik Baru ke PLN langsung Secara online

Apalagi dari informasi yang admin dapatkan bahkan Korea Utara bersiap mengunakan jaringan 4G di negaranya, dimana dalam urusan Infrastruktur pembangunan teknologi seluler dan jaringan 4G, korea Utara bekerjasama Dengan perusahaan telekomunikasi asas Mesir yaitu Orascom Telecom Mesir, dengan penyedia layanan seluler Korea Utara bernama Koryolink.

Jaringan Intranet Kwangmyong.  sumber: northkoreatech.org/

4. Mobil Junma Buatan Korea Utara.

Selain Nuklir dan 3 produk diatas Korea Utara Juga memiliki teknologi pembuatan mobil, bahkan mereka pernah membuat Produk mobil mereka sendiri dengan nama JUNMA, spesifikasi mobil ini sendiri admin kurang faham, namun informasi yang kami dapat bahwa Mobil junma dibekali dengan dengan mesin 197-daya kuda.



Bahkan negara yang menutup diripun mampu membuat sebuah mobil, hebat bukan? Pabrik mobil korea Utara bernama Pyeonghwa Motors dan menjadi satu-satunya perusahaan yang memproduksi kendaraan roda empat di sana. Monopolikah? kalau itu admin kotanopan tidak berani menjawab 🙁

mobil junma korea utara. sumber: autoweek.com

Pyeonghwa Motors sendiri adalah sebuah usaha patungan antara gereja Korea Selatan  dan bisnis milik pemerintah Korea Utara. Junma sendiri adalah sebuah mobil sedan yang di dasarkan pada mobil Korea Selatan, yang juga merupakan “kembaran” dari mobil Mercedes Benz E-class yang keluar di pertengahan tahun 1990-an. Produk mobil Junma juga pernah di ekspor hingga ke Vietnam, meskipun menurut informasi yang beredar bahwa perusahaan Pyeonghwa Motors sendiri sudah berhenti beroperasi sejak 2012.

untuk pembaca yang berminat mencari mobil Junma sebagai Colector Item, silahkan pergi ke Vietnam siapa tahu masih dapat 🙂

Author: Mr. wics

2 thoughts on “Selain Nuklir Korea Utara Juga memiliki teknologi dan Produk Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 + 8 =