Perbaiki Hasil Scanner Epson L3110 bergaris rusak Setengah

Perbaiki Hasil Scanner Epson L3110 bergaris rusak Setengah

kotanopan.com. Perbaiki hasil Scanner Epson L3110 Bergaris Rusak Setengah atau Penuh. Printer Scanner Epson L3110 adalah salah satu perangkat multifungsi yang populer. Karena mudah digunakan, memiliki fungsi printer pencetak sekaligus mampu Memfoto copy. Dilengkapi dengan tabung tinta yang mampu menampung tinta cukup banyak dalam satu waktu sehingga kita tidak perlu sering mengisi tinta.

contoh Hasil Scanner Epson L3110 bergariscontoh Hasil Scanner Epson L3110 bergaris

Kerusakan Pada Scanner Epson L3110 umumnya adalah:-
Scanner Epson L3110 Bergaris Rusak Setengah atau Penuh
– Blink kedip error tetapi printer dapat digunakan untuk mencetak/print.
– Scan atau copy blank tidak dapat mendeteksi Gambar secara penuh.
– Hanya dapat melakukan scanner warna saja
– Hanya dapat scan copy langsung tapi tidak bisa masuk ke komputer.
– Hasil scan Epson L3110 memiliki blok hitam atau warna lain seperti jamur

Namun jika tiba-tiba Scanner Epson L3110 Bergaris Rusak Setengah atau Penuh tentu hal ini membuat kita jengkel. Meskipun hal ini umum dan bisa terjadi pada printer jenis lainya. Untuk memperbaiki hasil scan yang tidak penuh ini akan kotanopan.com tulis dibawah.:

contoh lampu scanner normal l3110
contoh lampu scanner normal l3110

1. Periksa Lampu Scanner.

Hasil Scanner yang bergaris terpotong bisa karena kerusakan pada lampu Scanner. Jika lampu hanya menyala sebagian maka hasil akan terpotong. Dengan ciri setengah bagus dan setengahnya Hitam atau Putih blank.
Cara memeriksa lampu scanner rusak atau tidak, cukup buka penutup scanner atas dan lakukan copy scan pada L3110 nantinya lampu akan bergerak, coba perhatikan apakah semua lampu sama terangnya ataukah ada yang redup? Jika ada bagian yang mati atau redup segera ganti lampu scanner atau periksa kabel Flexibel.




2. Periksa kabel Flexibel scanner.

Jika hasil Scan berbentuk setengah normal dan setengahnya lagi masih memiliki warna namun tidak jelas, maka besar kemungkinan kerusakan ada pada flexibel yang terpotong, rusak atau putus pada bagian dalam. Periksa juga apakah Kabel penghubung antara scanner dan motherboard ini tertekuk dan terlipat? Jika ada kabel yang rusak maka anda harus menganti 1 set kabel ini.

Scanner Epson L3110 Bergaris. Contoh Flexibel rusak
Scanner Epson L3110 Bergaris. Contoh Flexibel rusak

3. Periksa konektor antara Motherboard dan scanner.

Apakah pada konektor terlihat korosi? coba cabut kabel fexibel dari soket dan perhatikan apakah ada kabel terlipat dan terkelupas. Periksa kabel Konektor dan Lihat apakah ada tanda-tanda korosi, seperti endapan berwarna hijau tua atau putih. Korosi dapat mengganggu kinerja scanner. Karena Soket konektor ini menghubungkan Motherboard dan unit scan bagian atas.

Scanner Epson L3110 Bergaris. COntoh kabel flexibel normal
Scanner Epson L3110 Bergaris. COntoh kabel flexibel normal

Bersihkan Ujung Konektor Jika terlihat ada korosi atau kotoran lainya, Kotanopan biasa membersihkannya dengan hati-hati mengunakan Thinner. Gosok dengan lembut untuk membersihkan korosi dari konektor dengan tisu kering. Pastikan semuanya benar-benar kering sebelum menghubungkannya kembali. Luruskan Semua flexibel dan perhatikan bahwa tidak ada bagian yang patah atau terlihat bekas tekanan berat dan terjepit.

Baca juga:
10 Cara Perbaiki Printer L360 Tidak Terbaca Di Komputer Windows
Mengatasi printer epson l3110 lampu tinta dan kertas berkedip
Perbaiki Printer Epson L5290 Tidak Menarik Kertas Paper Jam

Kesimpulan Perbaiki Scanner Epson L3110 bergaris.

Beberapa cara diatas, umum dilakukan untuk perbaikan awal. Umumnya scanner rusak bukan disebabkan oleh motherboard namun pada scanner atas dan kabel saja. Sangat jarang kerusakan pada motherboard utama mempengaruhi hasil scan L3110. Jika beberapa cara diatas sudah dicoba namun tidak memberikan hasil maksimal sebaiknya bawa printer ke tempat service terpercaya.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 1 =