Virus Ferosas Ransomware Jenis Baru yang Mengunci Semua Data di komputer

Virus Ferosas Ransomware Jenis Baru yang Mengunci Semua Data di komputer

Kotanopan.com, Nama Virus Ferosas Ransomware pada tahun 2019 ini sepertinya masih cukup asing di telinga dan layar komputer kita beberapa hari ini, Meskipun dari yang saya dengar dari beberapa Forum bahwa Virus Ferosas dengan Ferosas File mulai menyerang beberapa penguna komputer di beberapa tempat termasuk sebagian sangat kecil di Indonesia. Karena saya melihat di sebuah Forum di Indonesia ada yang memposting tentang komputernya yang terkena Virus yang konon mampu meng-enkripsi  setiap File foto dan video di komputer kita, dan seperti biasa juga pembuat virus akan meminta sejumlah tebusan melalui Mata uang Bitcoin.

Baca juga:Aplikasi Bokeh Edit Video dan Foto 2019

Dari yang Kotanopan ketahui, Virus ini  masuk dalam kategori,
Ransomware : STOP (DJVU) ransomware,
Dengan Ekstensi enkripsi : Ferosas
Catatan Ransomware berada pada file: _readme.txt
Dan meminta Tebusan : Dari $ 490 hingga $ 980 (dalam Bitcoin)
Lumayan juga bukan?

Virus Ferosas Ransomware Jenis Baru yang Mengunci Semua Data di komputer
Virus Ferosas Ransomware Jenis Baru yang Mengunci Semua Data di komputer, Sumber gambar :kaskus

“program jahat seperti ini bekerja dengan mengkodekan data, dan meminta kita untuk membayar agar mendapatkan kunci untuk membuka kode tersebut”

Virus Ransomware ferosas benar-benar mampu mengunci setiap file setelah melakukan scan ke hampir semua penyimpanan kita, kemudian menlakukan Enskripsi yang menurut sepengetahuan saya akan cukup rumit untuk dihapus, bahkan konon virus Ransomware ini mampu menyerang semua jenis Windows termasuk Windows 7, Windows 8 dan bahkan Windows 10 sekalipun tentu saja dengan syarat tertentu.


Masalahnya Setelah seluruh file kita selesai dienkripsi dengan jenis ekstensi mereka yaitu Ferosas , Virus ransomware ini akan membuat catatan cara menebus kembali file anda pada file _readme.txt pada setiap isi folder yang selesai di dienkripsi dan di layar utama Windows, File TXT ini berisi informasi tentang cara menghubungi penjahat cyber dan membuka file yang sudah di enkriipsi tadi,
Tebusanya juga tidak main-main yaitu 490 hingga 980 Dolar Amerika tentunya.
Baca Juga:Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di handphone Android

lantas Bagaimana cara untuk mendekripsi atau membuka file yang dienkripsi oleh virus Ferosas? dan apakah membuka file yang di kunci oleh ransomware Ferosas bisa dilakukan?
Menurut saya pribadi, jika file pada komputer kita  dienkripsi dengan Enkriptor tipe offline mungkin kita bisa mengunakan alat dekripsi STOPDecrypter . Meskipun menurut saya itu bukan jaminan 100% berhasil tentunya bukan?
Tapi setidaknya kita bisa mencoba terlebih dahulu, toh meskipun kita membayar uang tebusan juga belum tentu File kita akan bisa di buka kembali kok,.



Jika memang tidak memungkinkan, maka ada baiknya kita mencoba untuk menghapus Virus Ferosas ransomware dengan beberapa Program anti Virus mungkin Seperti  Malwarebytes  dan atau
HitmanPro sebagai Pembersih Virus Ferosas. Meskipun perlu di ingat, bisa saja hal ini juga akan membuat file anda terhapus nantinya.
baca juga Cara menyadap Whatsapp Tanpa Aplikasi Tanpa Root Modal browser Saja

Virus Ferosas Ransomware Jenis Baru yang Mengunci Semua Data di komputer
Virus Ferosas Ransomware Jenis Baru yang Mengunci Semua Data di komputer, Sumber gambar: malwaretips

Selain dari pada itu, mungkin kita juga bisa mengunakan explorer yang berguna memunculkan kembali File bayangan yang mungkin masiha da di komputer kita, untuk caranya admin kotanopan merekomendasikan ShadowExplorer Linknya ada disini.

Pada beberapa kasus virus Ferosas dan beberapa Ransomware Enkriptor akan menyalin file asli, kemudian mengunci dengan Enkripsi dan kemudian menghapus File aslinyaKejam dan sangat terencana. Maka bisa jadi kita (mungkin saja) kita bisa mengembalikan File yang terhapus tadi, untuk rekomendasi mengembalikan File pada komputer yang terhapus, kotanopan merekomendasikan
Recuva Download Recuva bisa di sini 

Jika memang semua cara diatas telah di coba, namun tetap tidak berhasil maka Instal Ulang adalah solusi terakhir yang harus di pertimbangkan, meskipun sebelum melakukan Instal ulang saya merekomendasikan melakukan Scanning dan penghapusan File Secara menyeluruh hingga Ke akar-akarnya.

Demikian sedikit ulasan :Virus Ferosas Ransomware Jenis Baru yang Mengunci Semua Data di komputer di tahun 2019

Sumber: kaskus,malwaretips, cyber-technews,

Author: Mr. wics

8 thoughts on “Virus Ferosas Ransomware Jenis Baru yang Mengunci Semua Data di komputer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − 13 =