Perbaiki Printer Epson L3110 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip

Mengatasi printer epson l3110 lampu tinta dan kertas berkedip

Printer Epson L3110 adalah salah satu printer murah dengan fitur lengkap yang cocok digunakan untuk kantor atau penggunaan pribadi. Namun, jika tiba-tiba Anda menghadapi masalah dengan lampu tinta dan kertas yang berkedip bersamaan pada printer Epson L3110, pencetakan menjadi tidak mungkin karena ada kesalahan pada perangkat ini. Bagaimana cara mengatasi printer Epson L3110 ketika lampu tinta dan kertas berkedip? Mari kita bahas. Sebelum kita mulai, pastikan printer dalam keadaan mati dan kabel daya tercabut.

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Ketika Lampu Tinta dan Kertas Berkedip

Periksa Kapasitas Tinta:

Periksa kapasitas tinta dan pastikan jumlah tinta pada tabung pengisian masih mencukupi, setidaknya sekitar 50%. Tinta yang habis dapat menyebabkan printer macet dan lampu berkedip bersamaan. Jika masalah ini baru pertama kali terjadi, cobalah me-restart printer dengan mencabut kabel daya, tunggu 2-3 menit, dan nyalakan kembali.

Periksa Dudukan Kertas Belakang:

Cek bagian belakang printer atau tempat masuknya kertas untuk memastikan tidak ada benda asing yang dapat menyebabkan roller macet. Ambil semua kertas dari tray atau tempat masuk kertas di bagian belakang. Selanjutnya, periksa apakah ada benda asing seperti pena, pensil, atau serpihan kertas di dalamnya. Jika ada, segera cabut kabel daya printer dan hapus benda asing tersebut. Potongan kertas atau benda asing dapat menyebabkan roller kertas macet, yang pada gilirannya membuat lampu tinta dan kertas Epson L3110 berkedip bersamaan.

Baca juga:
Cara Upgrade laptop lama Dengan SSD dan RAM resikonya?
Daftar Fungsi Tombol Shortcut Keyboard Laptop Yang Wajib Diketahui
Cara Screenshot di Laptop Semua Merek Windows lengkap Dengan gambar

Periksa Celah Depan Printer:

Lampu printer Epson L3110 yang berkedip bersamaan juga dapat disebabkan oleh benda yang terjebak di bagian depan atau tempat keluarnya kertas. Periksa celah depan printer dengan membuka penutup bagian depan dan pastikan tidak ada benda yang menghalangi pergerakan cartridge tinta atau roller. Tumpahan tinta juga dapat menyebabkan masalah ini dengan menciptakan konsleting yang mengakibatkan lampu tinta dan kertas berkedip bersamaan.

Masalah pada Sensor Kertas L3110:

Jika Anda sebelumnya mengalami kertas macet dan menarik kertas secara paksa, ini dapat menyebabkan masalah dengan sensor kertas L3110. Sensor kertas memiliki pegas atau per yang dapat lepas jika kertas ditarik ke arah belakang. Periksa apakah sensor kertas lepas atau sudah tidak berada pada tempatnya. Jika sensor terlihat miring atau tidak terpasang dengan baik, printer tidak akan bisa menarik kertas dan lampu tinta dan kertas akan menyala bersamaan.




Masa Pakai Bantalan Tinta Berakhir:

Jika lampu berkedip pada Epson L3110 dan Anda melihat pesan “Masa Pakai Bantalan Tinta Berakhir,” ini adalah kesalahan umum yang disebabkan oleh penampungan tinta yang sudah penuh. Untuk mengatasinya, Anda perlu mereset dan membersihkan penampungan pembuangan di bagian belakang printer. Reset mungkin akan memperbaiki masalah, tetapi membersihkan tinta juga perlu dilakukan untuk mencegah tinta meluber dan merusak komponen lain, seperti dinamo atau motherboard.

Kerusakan Pada Kabel Fleksibel:

Kerusakan pada kabel fleksibel sering terjadi pada printer L3110, terutama pada kabel pemindai. Kerusakan koneksi ke pemindai atas dapat menyebabkan kesalahan dan lampu berkedip bersamaan. Kerusakan kabel juga dapat terjadi pada konektor antara motherboard dan cartridge printer, yang dapat mengakibatkan konsleting karena tumpahan tinta.

Head Cartridge Rusak:

Selain masalah di atas, konsleting pada head cartridge juga dapat menyebabkan printer tidak berfungsi dengan baik. Periksa apakah ada tinta yang bocor dan mengenai bagian roller, pita cartridge, atau bagian lainnya. Jika ada, Anda perlu membersihkan printer hingga kering untuk mengatasi masalah lampu tinta dan kertas yang berkedip bersamaan.




Mengatasi Printer L3110 Tidak Keluar Tinta:

Setelah Anda mencoba langkah-langkah di atas dan berhasil mengatasi masalah lampu tinta dan kertas yang berkedip, namun printer L3110 masih tidak mencetak tinta, baik hitam maupun berwarna, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

Cara Cleaning Printer Epson L3110 Tanpa Komputer:

Tekan tombol logo segitiga pada printer selama 10-25 detik hingga lampu indikator berkedip dan printer bergerak atau bersuara, lalu lepaskan tombol. Tunggu hingga lampu berhenti berkedip dan printer berhenti bergerak. Untuk langkah pembersihan lebih lanjut dengan komputer, Anda dapat merujuk ke panduan Cara Cleaning Printer Epson L3110 Tanpa Komputer di kotanopan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mencoba mengatasi masalah lampu tinta dan kertas yang berkedip pada printer Epson L3110. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dengan hati-hati dan berhati-hati saat melakukan perbaikan. Jika masalah persisten, Anda mungkin perlu menghubungi teknisi printer terkait.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 1 =