Memperbaiki Router Tidak Ada Internet dan lampu Merah Menyala

Memperbaiki Router Tidak Ada Internet dan lampu Merah Menyala

Kotanopan.com. Mayoritas warga Indonesia saat menggunakan jaringan internet fiber optic yang dihubungkan melalui modem WiFi di rumah, selain juga memanfaatkan layanan seluler pada ponsel mereka. Selain lebih ekonomis, fiber optic menyediakan jaringan internet yang lebih cepat serta lebih stabil. Cara Memperbaiki Router Tidak Ada Internet dan lampu Merah Menyala ini bisa anda coba, saat jaringan internet melalui modem Router WiFi terputus, hal ini berdampak pada aktivitas internet semua anggota keluarga di rumah. Anda mungkin merasa kesulitan mengakses informasi, bekerja, atau menikmati hiburan online ketika koneksi terputus. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa modem dan jaringan Anda selalu dalam kondisi optimal untuk menghindari gangguan yang tidak diinginkan ini. Dengan memeriksa dan merawat peralatan secara berkala, Anda dapat menjaga kelancaran koneksi internet di rumah.

Memperbaiki Router Tidak Ada Internet dan lampu Merah Menyala pada berbagai perangkat Provider internet.

1. Periksa tagihan internet.

Apakah tagihan bulan ini sudah dibayarkan? coba ingat-ingat dan tanya keluarga lainya mengenai hal in. Karena jika jaringan anda tidak bisa digunakan bisa saja karena memang tagihan belum dibayarkan. JIka perlu coba lakukan pembayaran dengan ID pelanggan anda untuk memastikan apakah pembayaran sudah lunas.




2. Restart Modem router.

Terlihat sederhana namun terkadang cukup membantu, restart perangkat router dan modem adalah hal umum yang layak dicoba untuk Memperbaiki Router Tidak Ada Internet dan lampu Merah Menyala pada tahap awalnya. Cukup cabut colokan modem atau router sekitar 1-2 menit kemudian hidupkan ulang perangkat.

Memperbaiki Router Tidak Ada Internet dan lampu Merah Menyala
Memperbaiki Router Tidak Ada Internet dan lampu Merah Menyala

3. Periksa Koneksi Kabel.

Langkah pertama yang perlu Anda coba adalah memeriksa sambungan kabel. Koneksi kabel yang tidak rapat dapat menyebabkan gangguan pada koneksi internet Anda. Pastikan kabel Ethernet telah terpasang dengan benar di port bagian WAN Kabel LAN. Lepaskan kabel terlebih dahulu dengan hati-hati agar kuncian tidak patah, kemudian sambungkan kembali dengan hati-hati. Saat Anda memasukkan kabel Ethernet ke port, Anda akan mendengar suara “klik”, yang menandakan bahwa kabel tersebut telah terhubung dengan benar. Jika suara klik tidak terdengar, mungkin kabel belum terpasang dengan sempurna.

Apabila kabel belum terpasang dengan benar, ini bisa menjadi sumber masalah koneksi Anda. Kedua, jika Anda baru pertama kali mengatur koneksi internet, pastikan Anda telah terhubung ke port yang benar. Setiap router memiliki dua jenis port utama: satu untuk menghubungkan perangkat ke jaringan eksternal seperti internet, dan satu lagi untuk menghubungkan perangkat secara lokal. Port pertama biasanya diberi label WAN/LAN, dan ini adalah port yang perlu Anda gunakan untuk menyambungkan kabel internet Anda. Port kedua biasanya berlabel LAN atau Ethernet, digunakan untuk menghubungkan perangkat yang memerlukan koneksi internet seperti komputer dan televisi.

Baca Juga:
Perbedaan Modem Dan Router Secara Fungsi Dan Kegunaanya
Berbagai Macam Jenis Modem Router Perbedaan dan Fungsinya
5 langkah Cara Mudah Setting CPE220 Sebagai AP Client Router Penangkap Dan penyebar Wifi

Setelah Anda telah mengikuti langkah-langkah diatas dengan seksama, guna memastikan koneksi internet Anda berfungsi dengan baik namun masalah masih berlanjut, kita mungkin perlu memeriksa perangkat keras lainnya atau mempertimbangkan untuk menghubungi penyedia layanan internet Anda. Dengan memastikan semua sambungan dan pengaturan sudah benar, Anda dapat menghindari banyak masalah koneksi yang umum terjadi, karena hal-hal sederhana.

Baca Juga:  Ciri-ciri VGA Card Laptop Rusak penyebab dan solusinya

4. Periksa Kabel Diluar rumah.

Ada kalanya penyebab Router Tidak Ada Internet dan lampu Merah Menyala dirumah, karena kabel dari luar yang menuju ke rumah kita rusak, putus, khusus untuk kabel Fiber Optik perhatikan apakah ada bagian kabel di dalam dan luar rumah yang tertekuk hingga 90 atau bahkan 45 derajat? Kabel fiber optik sejatinya jangan sampai tertekuk agar koneksi jaringan tetap bagus. Coba perhatikan lagi apakah ada kabel Fiber yang menekuk? terlipat? jika ada usahakan untuk meluruskanya kembali atau membuat tekukan melingkar pada kabel tersebut.




5. Periksa Pengaturan Jaringan

Apabila Anda tidak dapat terhubung ke internet, sangat penting untuk memeriksa pengaturan jaringan yang ada. Pastikan bahwa Anda telah tersambung ke jaringan WiFi yang benar dan periksa pengaturan jaringan pada perangkat Anda dengan teliti. Pastikan bahwa pengaturan tersebut sesuai dengan konfigurasi router yang digunakan serta cocok dengan pengaturan jaringan yang seharusnya. Jangan lupa untuk memverifikasi semua pengaturan tambahan yang mungkin diperlukan untuk memastikan konektivitas yang optimal dan stabil.

 

6. Hubungi Penyedia Internet.

Jika semua upaya yang sudah Anda lakukan tetap tidak membuahkan hasil, segeralah menghubungi penyedia layanan internet Anda. Mereka memiliki kemampuan untuk membantu Anda mengidentifikasi masalah yang terjadi pada jaringan serta memberikan solusi yang sesuai untuk mengatasi permasalahan tersebut. Selain itu, mereka juga bisa memastikan bahwa layanan internet yang Anda gunakan berfungsi dengan baik dan tetap stabil.

Baca Juga:  Cara Perbaiki Handphone Tulisan Charge Error Tanda Merah

Setelah Anda menghubungi penyedia layanan internet, mereka mungkin akan meminta Anda untuk melakukan beberapa langkah atau tes guna membantu mereka menemukan penyebab masalah. Misalnya, mereka mungkin akan meminta Anda untuk mereset modem atau router, atau menjalankan tes kecepatan internet. Pastikan Anda mengikuti instruksi mereka dengan cermat agar mereka dapat membantu Anda dengan lebih efisien dan efektif.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 − 4 =