Cara Menghentikan Aplikasi Android yang Membuat handphone lambat

Cara Menghentikan Aplikasi Android yang Membuat handphone lambat

Kotanopan.com. Cara Menghentikan Aplikasi Android yang Membuat handphone lambat, sebagai pengguna android kita tentu tidak asing dengan istilah “background Service”, atau aplikasi yang berjalan dilatar belakang. Beberapa aplikasi memang dirancang untuk tetap berjalan meskipun kita tidak sedang membukanya untuk memastikan fungsinya tetap maksimal. Seperti misalnya Whatsapp, saat layar sedang mati ataupun handphone terkunci pesan yang amsuk akan tetap muncul dan memberikan kita notifikasi. Akan tetapi tidak semua Aplikasi latar belakang ringan seperti whatsapp, bahkan ada beberapa yang mungkin tidak kita perlukan setiap saat.

Beberapa Cara Menghentikan Aplikasi Android yang Membuat handphone lambat bisa kita gunakan jika perangkat mulai lama dalam merespon perintah, terasa panas dan layar lambar saat di scrool. Jika ingin tetap menggunakan aplikasi yang tampaknya memiliki permintaan tinggi, anda mungkin dapat membatasi apa yang dapat dilakukannya, serta menghentikan proses latar belakang aplikasi.

Hentikan Proses latar belakang.

Apakah anda pernah menginstal aplikasi dan tidak pernah menggunakannya lagi dalam waktu yang lama? Bisa saja mungkin aplikasi ini tetap berjalan di latar belakang. Kita bisa menghentikanya dengan cara;

– Buka Setting atau pengaturan,
– Masuk ke Pengaturan Aplikasi.
– Pilih “lihat seluruh aplikasi”
– Kemudian pilih aplikasi yang hendak dinonaktifkan.




Hapus Aplikasi yang tidak Digunakan.

Jika anda memiliki beberapa aplikasi yang memang sudah tidak pernah digunakan, tidak ada salahnya hapus aplikas tersebut agar kinerja dan memory penyimpanan lebih lega. Cara hapus aplikasi Android adalah:
– Pergi ke pengaturan.
– Pilih menu “Aplikasi.”
– Klik Kelola Aplikasi.
– Masuk bagian “aplikasi. “
– Pilih Aplikasi yang akan dihapus.
– Klik Copot Aplikasi.
Menghapus aplikasi yang tidak digunakan akan membantu perangkat bekerja lebih cepat dan efisien, terutama jika ukuran aplikasinya cukup besar dan menguras penyimpanan, ditambah lagi jika memiliki fitur Autostart dan Backgroudn service yang tinggi.

Atur Ulang Izin Aplikasi.

Beberapa aplikasi mengunakan izin yang terkadang menguras “tenaga pada perangkat seperti izin lokasi misalnya. Kita dapat membatasi izin yang diberikan pada aplikasi dan sistem, untuk mengurangi beban pada handphone.

– Buka menu Pengaturan.
– Pilih Tab Privasi.
– Ketuk manu Layanan Lokasi.
– akan kita lihat aplikasi yang memiliki izin akses lokasi.
– Ubah bagian izin aplikasi, kita bisa memilih saat menggunakan aplikasi atau jangan izinkan.




Matikan Auto Start.

Berapa perangkat saat ini sudah menyediakan fitur untuk mematikan proses auto Start atau otomatis aktif pada handpone, hal ini berguna agar ketika ponsel dihidupkan maka aplikasi tidak otomatis aikut berjalan di latar belakang. Kita bisa mematikan Auto Start dengan cara:

Cara Menghentikan Aplikasi Android yang Membuat handphone lambat
Cara Menghentikan Aplikasi Android yang Membuat handphone lambat

1. Masuk ke Setting atau pengaturan.
2. Pilih “aplikasi”
3. Kemudian masuk ke “kelola aplikasi”
4. Di tab ini bisa dilihat menu “mulai otomatis latar belakang” pilih bagian ini.

Baca juga:
Tips Mudah Cara Merubah Tampilan Android Mirip Iphone Terbaru
Fungsi Opsi Pengembang Pada Android Dan Cara mengaktifkanya
Cara Membersihkan Sampah di Android Agar Perangkat lebih cepat

Di sini anda bisa memilih untuk menonaktifkan fitur mulai otomatis, agar program yang berjalalan di latar belakang dihentikan ketika perangkat restart. Setelah menyelesaikan pengaturan ini, matikan handphone 1-2 menit kemudian hidupkan kembali seperti biasa, mudah bukan Cara Menghentikan Aplikasi Android yang Membuat handphone lambat, Selamat mencoba. Ikuti Kotanopan.com di news.google.com untuk mendapatkan update terbaru informasi teknologi terkini dan uptodate.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × one =