Cara Mengecilkan Ukuran Video Di Android Tanpa Aplikasi

Cara Mengecilkan Ukuran Video Di Android Tanpa Aplikasi

kotanopan.com. Terdapat beragam metode yang bisa Anda terapkan sebagai Cara Mengecilkan Ukuran Video Di Android Tanpa Aplikasi tambahan hingga maksimal 1 Giga. Biasanya, kebanyakan orang akan memilih menggunakan aplikasi berbayar baik di komputer, Android, maupun iPhone untuk tujuan ini. Akan tetapi, dalam artikel ini, saya akan memandu Anda melalui cara-cara yang gratis tanpa memerlukan aplikasi tambahan apapun. Dengan demikian, panduan ini dapat diikuti oleh Anda yang menggunakan komputer, iPhone, ataupun perangkat Android.

Cara Mengecilkan Ukuran Video Di Android Tanpa Aplikasi ini bisa digunakan juga untuk komputer, tanpa perlu download aplikasi tambahan.

Mengurangi Ukuran Video di Android, yang sering kali juga disebut sebagai mengompres video, biasanya dilakukan untuk berbagai kebutuhan yang umum dilakukan. Beberapa alasan utama untuk melakukannya antara lain:

  1. Mengurangi ukuran video agar lebih hemat.
  2. Memudahkan penyimpanan video di flashdisk atau penyimpanan Awan seperti Drive Google
  3. Untuk dikirim ke orang lain.
  4. Membuat video lebih mudah diedit kedepanya.
  5. Mempercepat proses unggah video ke berbagai platform seperti YouTube, Facebook, dan situs web lainnya.
  6. Serta berbagai kebutuhan lainnya yang memerlukan ukuran file video lebih kecil, atau karena pembatasan ukuran file yang bisa dikirimkan




Apapun alasan Anda untuk melakukan kompresi video, Anda telah menemukan artikel yang tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Artikel kali ini dari kotanopan.com akan memberikan berbagai metode tentang cara mengompres video untuk mengurangi ukuran filenya. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah untuk menyimpan, mengedit, dan mengunggah video ke berbagai platform tanpa kendala.

Baca juga:
Cara Aktifkan Mode Gelap di WhatsApp Atau Dark Mode WA Android
Cara Menghentikan Aplikasi Android yang Membuat handphone lambat
Fungsi Opsi Pengembang Pada Android Dan Cara mengaktifkanya

Cara Kompres atau Mengecilkan Ukuran Video Di Android Tanpa Aplikasi tambahan.

Pada tutorial kali ini, Anda tidak akan memerlukan aplikasi tambahan apapun selain browser. Kotanopan.com sangat merekomendasikan penggunaan Google Chrome yang sudah terpasang di perangkat Anda. Silakan kunjungi situs web https://www.freeconvert.com/video-compressor, lalu setelah halaman situs terbuka, klik tombol “Choose Files” dan pilih video yang ingin Anda kompres. Anda dapat mengompres lebih dari satu video sekaligus jika diinginkan. Setelah itu, klik tombol “Compress Now” untuk memulai proses kompresi video. Lamanya proses tergantung ukuran video yang anda miliki, usahakan tidak menutup browser saat proses berjalan.

Cara Mengecilkan Ukuran Video Di Android Tanpa Aplikasi
Cara Mengecilkan Ukuran Video Di Android Tanpa Aplikasi

Jika telah selesai, Anda akan menerima informasi mengenai jumlah kompresi yang telah diterapkan pada video Anda. Biasanya, ukuran video yang telah dikompres akan ditampilkan dalam bentuk persentase, seperti 50% atau 40% atau mungkin lebih kecil maupun lebih besar. Misalnya, jika ukurannya 40% lebih kecil dibandingkan sebelumnya, maka kompresi yang dilakukan sudah berhasil. Untuk mengunduh dan menyimpan video yang telah dikompres, Anda cukup mengetuk tombol “Download“. Setelah itu, silakan periksa galeri Anda untuk memastikan video tersebut telah tersimpan dengan baik.




Perlu diingat bahwa waktu yang dibutuhkan untuk mengunggah dan mengompres video akan sangat dipengaruhi oleh kecepatan internet Anda serta ukuran video yang ingin Anda kompres. Oleh karena itu, disarankan untuk menunggu dengan sabar selama proses ini berlangsung. Pastikan juga Anda tidak menutup aplikasi atau memutuskan koneksi internet Anda agar proses berjalan lancar tanpa gangguan

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 5 =