Cara Block SPAM Komentar di WordPress Otomatis

Cara Block SPAM Komentar di WordPress Otomatis mengharuskan login

Kotanopan.com, Melakukan Block SPAM Komentar di WordPress. Sebagai pengelola website tentu kita merasa senang jika sebuah artikel kita memiliki banyak pengunjung dan interaksi seperti share dan komentar yang bertubi-tubi. Hal ini menambah wawasan kita tentang kekurangan website kita, apalagi jika komentar berisi tentang pendapat yang nyambung terhadap artikel. Namun Cara Block SPAM Komentar di WordPress Otomatis sengaja kotanopan aktifkan di Website ini untuk mencegah dan menghindari komentar-komentar spam promosi website tidak jelas ataupun penipuan yang bisa saja terjadi melalui kolom komentar.

Komentar seperti promosi website ilegal, iklan produk tak jelas, atau kalimat acak yang memenuhi kolom komentar website dan isi yang bahkan kita tidak tahu apa artinya. Komentar spam ini bukanlah memancing diskusi, tapi justru terkadang memancing emosi bagi siapapun yang membacanya baik pengunjung ataupun penulis.

Namun kita tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara mengatasi komentar spam di WordPress kita. Mulai dari mengubah pengaturan, menggunakan plugin untuk menyaring kata-kata khusus. Kami akan membahas beberapa cara menghapus komentar spam secara otomatis sehingga tidak muncul pada artikel yang kita tulis, dengan mudah di artikel ini.

1. Menyalakan Moderasi Komentar.

Hal ini cocok untuk kita yang suka Blogwalking dan tetap ingin berinteraksi dengan sesama blogger namun ingin menghindari SPAM komentar berlebihan. Moderasi Komentar adalah ketika kita harus melakukan persetujuan manual sebelum komentar bisa ditampilkan di postingan kita.
– Buka pengaturan di WordPress Anda
– Masuk tab Diskusi Scroll kebawah sampai tab “Sebelum sebuah komentar muncul
– Centang pada tab “Penulis komentar harus mempunyai komentar yang disetujui sebelumnya“. Ini berguna untuk memunculkan sebuah komentar tanpa moderasi jika komentar penulis sebelumnya pernah kita setujui. Ini cukup menghemat waktu dan mempercepat proses moderasi setiap komentar dari sesama Blogger.
– Pada Kotak “Moderasi Komentar” kita bisa menambahkan beberapa kata “daftar hitam” yang nantinya akan membuat komentar masuk moderasi jika mengandung kata-kata yang kita larang. Tentu saja kita masih bisa menyetujui komentar tersebut secara manual nantinya.

2. Mengaktifkan Kata kunci yang dilarang dalam komentar.

Cara kedua ini akan otomatis membuat setiap komentar yang masuk di pidahkan ke tempat sampah secara otomatis. Sebagai Pengelola Website tentu kita tidak asing dengan jenis-jenis kata tertentu yang biasa digunakan spamer di website kita. Masukan saja “nama penulis, URL, e-mail, alamat IP, atau string user agent browser, komentar tersebut akan dibuang ke dalam Tempat Sampah. Satu kata atau satu IP tiap barisnya. Ini juga mendeteksi bagian kata, jadi “press” akan mendeteksi “WordPress”. Terkadang kotanopan juga melakukan hal ini untuk menghemat waktu.

Mengaktifkan Kata kunci yang dilarang dalam komentar
Mengaktifkan Kata kunci yang dilarang dalam komentar

3. Mengizinkan Komentar dari Pengguna yang Sudah Log In Saja.

Ini adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menangkal Komentar spam di website secara Otomatis. Dimana setiap pengguna yang hendak meningalkan komentar harus terbeih dulu login dan terdaftar. Apalagi jika Anda ingin membatasi diskusi di kolom komentar hanya untuk pengguna saja. Namun hal ini juga membatasi bagi pengunjung lain dan spambot tak akan bisa ikut tanpa mendaftar terlebih dahulu. Sehingga terasa cukup kejam juga. Tapi jika pengunjung website mencapai puluhan Ribu perhari cara ini sepertinya cocok diterapkan.

Cara Block SPAM Komentar di WordPress Otomatis mengharuskan login
Cara Block SPAM Komentar di WordPress Otomatis mengharuskan login (WordPress)

4. Mematikan Kolom Komentar.

Dengan mematikan kolom komentar tentu saja tidak akan ada lagi komentar spam dan komentar dari para pengunjung website ini, hal ini memastikan bahwa Boot komentar serta iklan dan pengunjung juga tidak bisa memberikan pendapat terhadap setiap artikel yang kita tulis. cara ini sangat-sangat efektif dalam menangkal Setiap komentar sampah. Meskipun begitu untuk para Blogger hal ini rasanya kurang etis dan tidak layak dilakukan.




5. Menggunakan Plugin Antispam.

WordPress sejatinya menyediakan cukup banyak Plugin penangkal komentar Spam diantaranya:

-Alkismet antispam: Salah satu Plugin yang populer, plugin ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Memiliki team dukungan dan cukup efektif untuk penguna WordPress baru dan tidak ingin ribet.

– Zero Spam for WordPress: Plugin anti Spam yang dikenal efektif dengan pengunaan yang mudah, namun memerlukan beberapa versi PHP yang tinggi serta Versi WordPress baru.

-Antispam Bee : Sebuah plugin yang mampu memblokir komentar spam tanpa mengirimkan data website kita ke pihak ketiga, cocok untuk yang merasa bahwa data websitenya penting.

– All In One WP Security & Firewall : plugin keamanan dengan fitur lengkap, yang cukup banyak digunakan untuk menjaga keamanan website sekaligus memiliki fitur anti Spam didalamnya.

Baca juga:
Cek Kuota Modem Orbit Telkomsel Melalui Website dan Aplikasi
Mendaftarkan Website Ke Mesin pencari yandex
Lemahnya cara kerja Website Verifikasi Keaslian Produk Oli pertamina
Cara Memantau Pengunjung Website WordPress Dengan Mudah dan Akurat

Cara Block SPAM Komentar di WordPress Otomatis dengan plugin
Cara Block SPAM Komentar di WordPress Otomatis dengan plugin (WordPress)

6. Menangkal Komentar Spam di WordPress dengan Captcha.

Google Captcha adalah tantangan salah satu yang terbaik yang bisa diterapkan WordPress untuk saat ini. Hal ini karena Google Captcha ini bisa mecegah spam pada website Anda tanpa mengurangi kemampuan website dan kenyamanan pengunjung sama sekali. Mengunakan cara “universal” dalam memberikan tantangan Captcha pada penulis komentar.

7. Mengunakan layanan Komentar Pihak Ke tiga.

Beberapa Penyedia layanan komentar yang tersedia saat ini sudah menawarkan alternatif anti SPAM, dimana pengunjung hanya perlu mendaftar pada platform tersebut dan sudah bisa berkomentar ke banyak website:
Disqus misalnya, sebagai salah satu layanan komentar yang sudah terkenal dan dipercaya oleh banyak website di dunia.




Kesimpulan 7 Cara mudah mencegah SPAM Komentar di WordPress Otomatis.

Dari beberapa uraian diatas dapat disimpulkan bahwa menangkal komentar spam Iklan ataupun komentar yang tidak inginkan adalah yang mungkin saja dilakukan secara otomatis. Spam adalah hal yang tidak bisa kita hindari pada sebuah kolom komentar, namun cara mencegahnya tentu saja ada. Kotanopan sendiri sudah beberapa kali mengunakan cara berbeda hingga menemukan 7 Cara mudah Block SPAM Komentar di WordPress Otomatis. Jika ada tambahan ataupun pendapat lain silahkan tulis di kolom komentar ya. Terimakasih

Author: Mr. wics

1 thought on “Cara Block SPAM Komentar di WordPress Otomatis

  1. Aku juga gitu kok mas. Jadi sengaja semua komen pasti aku moderasi utk mencegah spam. Atau komen2 yg terlalu singkat dan kesannya basa basi, itu juga aku tendang langsung ke spam 🤣. Ga butuh komentar begitu. Kliatan banget ga baca tulisan kita. Krn yg aku cari memang interaksi antara pembaca .

    Tapi terkadang ada juga komen temrn2 yg ga sengaja masuk spam. Makanya aku selalu cek komen spam dan hapus semua setelah periksa. Kalo ada komen temen nyasar kesana aku release dulu. Memastikan semua komentar teman2 masuk dan approve 😁👍

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 3 =